Penerapan Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Pariang Sonang Siregar PGSD STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6781

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui hasil belajar Matematika  siswa dengan pendekatan bermain di kelas IV SD Negeri 05 Inderalaya, Ogan Ilir. Penelitian ini meru­pakan penelitian   eksperimen semu dengan meng­gunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ada   peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan bermain   pada pokok bahasan Bilangan Romawi. Rata-rata hasil belajar siswa terlihat meningkat dari 63,72 menjadi 75,86 serta persentase ketun­tasan dari   65,51 %  meningkat menjadi 75,86 %. Hal ini menunjukkan bahwa  penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam   pembelajaran Matematika.

Kata Kunci: pendekatan, bermain, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10 — Updated on 2017-06-10

Versions

How to Cite

Siregar, P. S. (2017). Penerapan Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 36-53. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6781