Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pendidikan Karakter Sebagai Konkretisasi Identitas Bangsa Indonesia Di Sdn 205 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.31859Keywords:
Profil pelajar Pancasil, Karakter, Identitas bangsa indoensiaAbstract
This research discusses the implementation of the Pancasila student profile in character education as a concretization of the identity of the Indonesian nation. This research was conducted in class V of SD Negeri 205 Jambi City. This research uses a qualitative research approach with the type of phenomenological research, using three methods in data collection, namely observation, interviews and document study. The results of this research show that the Pancasila student profile is a formulation of national education ideals based on character education, the abilities expected in this Pancasila student profile include having noble character, independence, critical reasoning, creativity, mutual cooperation and global diversity. . Indonesian students must cultivate these six dimensions of character as an effort to strengthen the concretization of the identity of the Indonesian nation.
Kirim masukan
Panel samping
Histori
Tersimpan
Downloads
References
Ariandy, M. (2019). Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter
di Indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 137–168.
https://doi.org/10.32533/03201.2019
Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,
dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan
Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Gayo A.I.P. (2022). Strategi Guru Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Hasbi, H., Muliyadi, A., Mustari, M., & Ilyas, G. B. (2021). PENGARUH KOMPETENSI
PEDAGOGIK, DISIPLIN KERJA, DAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH
TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SOPPENG. Bata Ilyas
Educational Management Review, 1(1).
Indonesia. (2017). Peraturan Presiden No.87 pada Tahun 2017 yaitu tentang penguatan
pendidikan karakter. Jakarta : Sekretariat Negara
Indonesia. (2018). Peraturan Mendikbud No.20 pada Tahun 2018 yaitu tentang penguatan
pendidikan karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara
Indonesia. (2018). Peraturan Mendikbud No.20 pada Tahun 2018 yaitu tentang penguatan
pendidikan karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara
Indonesia. (2020). Permendikbud Nomor 22 tahun 2020 mengenai rencana strategis
kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta : Sekretariat
Negara
Indonesia. (2022) Keputusan Mendikbud Ristek No.56/M/2022 tentang projek penguatan
profil pelajar pancasila. Jakarta : Sekretariat Negara
Indonesia. (2022). Keputusan Kepala BSKAP No.009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang
dimensi, elemen dan sub elemen profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka.
Jakarta : Sekretariat Negara
Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada
Kurikulum Merdeka.. Jakarta: Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Kuntarto & Sugandi (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada
Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung
Perkuliahan Pelajar. 1–26.
Leonard, Anton SP, Deni Gunawan, Edi Rahmat Widodo, Esti Purnawinarni, (2021).
Tunas Pancasila. (Jakarta : Kemendikbud).
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA:
Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.
Sa'diyah, Melani Khalimatu, Dinie Anggrainie Dewi. (2022). Penanaman Nilai - Nilai
Pancasila di Sekolah Dasar. Vol. 6 No. 2 Tahun 2022 : 9940-9945
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.
Suwartono, M. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 adimas mustakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.