Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pendidikan Karakter Sebagai Konkretisasi Identitas Bangsa Indonesia Di Sdn 205 Kota Jambi

Authors

  • adimas mustakim Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.31859

Keywords:

Profil pelajar Pancasila, Karakter, Identitas bangsa indoensia

Abstract

This research discusses the implementation of the Pancasila student profile in character education as a concretization of the identity of the Indonesian nation. This research was conducted in class V of SD Negeri 205 Jambi City. This research uses a qualitative research approach with the type of phenomenological research, using three methods in data collection, namely observation, interviews and document study. The results of this research show that the Pancasila student profile is a formulation of national education ideals based on character education, the abilities expected in this Pancasila student profile include having noble character, independence, critical reasoning, creativity, mutual cooperation and global diversity. . Indonesian students must cultivate these six dimensions of character as an effort to strengthen the concretization of the identity of the Indonesian nation.
Kirim masukan
Panel samping
Histori
Tersimpan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariandy, M. (2019). Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter

di Indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 137–168.

https://doi.org/10.32533/03201.2019

Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,

dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan

Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gayo A.I.P. (2022). Strategi Guru Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Hasbi, H., Muliyadi, A., Mustari, M., & Ilyas, G. B. (2021). PENGARUH KOMPETENSI

PEDAGOGIK, DISIPLIN KERJA, DAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH

TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SOPPENG. Bata Ilyas

Educational Management Review, 1(1).

Indonesia. (2017). Peraturan Presiden No.87 pada Tahun 2017 yaitu tentang penguatan

pendidikan karakter. Jakarta : Sekretariat Negara

Indonesia. (2018). Peraturan Mendikbud No.20 pada Tahun 2018 yaitu tentang penguatan

pendidikan karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara

Indonesia. (2018). Peraturan Mendikbud No.20 pada Tahun 2018 yaitu tentang penguatan

pendidikan karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara

Indonesia. (2020). Permendikbud Nomor 22 tahun 2020 mengenai rencana strategis

kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta : Sekretariat

Negara

Indonesia. (2022) Keputusan Mendikbud Ristek No.56/M/2022 tentang projek penguatan

profil pelajar pancasila. Jakarta : Sekretariat Negara

Indonesia. (2022). Keputusan Kepala BSKAP No.009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang

dimensi, elemen dan sub elemen profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka.

Jakarta : Sekretariat Negara

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan

Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada

Kurikulum Merdeka.. Jakarta: Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Kuntarto & Sugandi (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada

Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung

Perkuliahan Pelajar. 1–26.

Leonard, Anton SP, Deni Gunawan, Edi Rahmat Widodo, Esti Purnawinarni, (2021).

Tunas Pancasila. (Jakarta : Kemendikbud).

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA:

Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.

Sa'diyah, Melani Khalimatu, Dinie Anggrainie Dewi. (2022). Penanaman Nilai - Nilai

Pancasila di Sekolah Dasar. Vol. 6 No. 2 Tahun 2022 : 9940-9945

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Suwartono, M. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Published

2024-06-30

How to Cite

adimas mustakim. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pendidikan Karakter Sebagai Konkretisasi Identitas Bangsa Indonesia Di Sdn 205 Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1), 111-124. https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.31859