Penerapan Digital PBL Berbasis Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan adaptasi Literasi dan Perkembangan Kognitif di Kelas Besar
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.29983Keywords:
Digital PBL, flashcard, kemampuan adaptasi literasi, perkembangan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas penerapan digital PBL berbasis flashcard dalam meningkatkan kemampuan adaptasi literasi dan perkembangan kognitif di kelas besar. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif dan kualitatif model concurrent. Proses pengumpulan data kuantitatif melalui pretest dan posttest, sedangkan pengumpulan data kualitatif melalui observasi dan interview pada 30 peserta didik kelas V UPT SDN 49 Gresik dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil pretest dan posttest dianalisis melalui uji normalitas sehingga menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,106>0.05 dan 0,058>0.05 yang berdistribusi normal, selanjutnya data diuji melalui uji T-test dengan hasil tingkat signifikansi 0.00 yang menunjukkan peningkatan prestasi belajar peserta didik dilihat melalui meningkatnya hasil rata-rata pretest dan posttest. Hasil rata-rata pretest sebanyak 66,17 sedangkan hasil rata-rata posttest sebanyak 77,83. Kenaikan sebesar 11,66 menunjukkan peserta didik mengalami peningkatan pemahaman pada materi pembelajaran. Peningkatan literasi peserta didik diamati dari observasi dan interview. Hasil observasi menunjukkan peserta didik dapat menemukan solusi dari permasalahan pada flashcard. Hasil interview menunjukkan peserta didik memiliki pemahaman yang baik mengenai literasi dan mampu menerapkannya pada proses pembelajaran. Peserta didik dapat menyebutkan norma tertulis maupun tidak tertulis. Berdasar hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode digital PBL berbasis flashcard merupakan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan literasi peserta didik.
Downloads
References
Priantono, S. (n.d.). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Kerja Dengan Variabel Moderator Budaya Kerja Pada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di Kota Probolinggo. 17(1), 81–97.
Hadju, V. A., Gorontalo, U. N., Aulia, U., & Gorontalo, U. N. (2022). DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD Editor: Nanda Saputra.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Azizah, A. B., Nisrina Huwaida, A., Asihaningtyas, F., & Fatharani, J. (2020). Konsep, Nilai, Moral Dan Norma Dalam Pembelajaran Ppkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 129–138. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Harmelia, D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 5(2), 346–354.
Sukarta, I. G. K. (2020). Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan budi pekerti siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Marga melalui penerapan teknik megending. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 170–179. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003800
Asih, S. (2023). Inovasi Pendidikan Era Teknologi Informasi. 1–7. Retrieved from http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/2vmxd
Putri, A. P., Saptono, S., & Utomo, U. (2022). Jurnal Pendidikan Dasar Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Oleh Video Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Sekolah dasar. 11(2), 203–217.
Hayati, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012
Putri, A. P., Saptono, S., & Utomo, U. (2022). The Effectiveness of Problem-Based Learning Model Assisted by Interactive Video in Improving Science Literacy of Students in Elementary School. Journal of Primary Education, 11(2), 203–217.
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/968
Rahmasari, U. D., Nugraha, A., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Kemampuan Mengembangkan Soal Tes Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(6), 1105–1112.
Agus, J. (2022). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. Retrieved from https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845
Apipah, I., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1812–1826. Retrieved from https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2390
Permata, R., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 419–430. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15568
Fitriyanti, F., F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376
Sutrami, K. F., & Amrullah, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 97–107. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.922
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Sholihah, N. A., & Arif, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran Simayang berbantuan flash card terhadap kemampuan representasi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 64–72. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL
Malikhatun, U., & Artharina, F. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk. 781–788.
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25
Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah. Jurnal Holistika, 11(September 2018), 111–126. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Istiqomah, N., & Widodo, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(1), 75–90. Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p59-68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 novia amaliah, Khoirul Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.