Konsep Dasar IPS dan Implementasinya di Sekolah

Authors

  • Alyada Ulya Anggota
  • Rina Windah Astuti Universitas Jambi
  • Salis Sarifa Aqidatul Islamiyyah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.29970

Keywords:

Konsep Dasar, IPS, Implementasinya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggabungan dan penerapan Konsep Dasar di lembaga pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan tinjauan literatur yang komprehensif, meliputi artikel, tesis, dan buku yang berkaitan dengan pokok bahasan. Proses penelitian melibatkan pencarian sumber daya yang relevan, mengevaluasi isinya, dan menarik kesimpulan untuk mendapatkan wawasan tentang prinsip-prinsip dasar IPS dan penerapannya di sekolah. Temuan dan pembahasan selanjutnya menjelaskan evolusi ilmu-ilmu sosial di bidang pendidikan, sehingga lahirlah ilmu-ilmu sosial yang disebut Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Indonesia. Ilmu-ilmu sosial merupakan disiplin ilmu pilihan yang telah disesuaikan untuk program pendidikan di sekolah dan kelompok belajar lain yang sebanding. Penting untuk membedakan antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial, mengingat perspektif masing-masing terhadap kehidupan dan fenomena sosial. Disiplin pendidikan IPS didasarkan pada berbagai landasan, antara lain filsafat, ideologi, sosiologi, antropologi, kemanusiaan, politik, pedagogi, dan agama. Ilmu-ilmu sosial telah diintegrasikan ke dalam kurikulum Indonesia sejak kurikulum 1947, dan praktik ini terus berlanjut melalui revisi-revisi berikutnya, termasuk kurikulum terbaru 2013 yang mengutamakan pembelajaran mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. 2011. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amaliah, R.R., & Fadhil, & Abdul., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Al’Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, vol. 10 (2), 119-131. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ jsq/article/download/4441/3365/ diakses 2 Juni 2018

Astawa, & Ida, B, 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Pers

Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Jurnal Qathruna, vol. 1 (1), 193-205. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/ article/download/252/251/ diakses 31 Mei 2018.

Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli. Jurnal Biologi Edukasi, Edisi 14, Vol. 7 (1), 13-21. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/ JBE/article/download/5487/4605 diakses 3 Juni 2018.

Barr, Robert., dan Samuel, S. 2018. Konsep Dasar Studi Sosial. Bandung: Sinar Baru

Gunawan & Rudi. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Hidayah, L. F. (2015). Media Pembelajaran IPS Interaktif. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, Vol. 9 (2),

Katiran. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa SDN Pudak Wetan Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, vol. 11 (1), 12-25.

Kartini, T. (2017). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5 (8),

Munasih, A & Nurjaman. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6 (1)

Rahayu, S (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria, vol. 3 (2), 1-5.

Rohendi, Dedi., Sutarno, H., Ginanjar, M.A. (2010). Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 3 (1)

Samiudin. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, Vol.11 (2)

Sapriya. 2017. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suarno, D.T & Sukirno. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 2 (2)

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses di Sekolah/ Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yani, A. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Agama.

Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 1 (1)

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Ulya, A., Windah Astuti, R., & Sarifa Aqidatul Islamiyyah, S. . (2023). Konsep Dasar IPS dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 225-237. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.29970