Penerapan Pembelajaran Konteksual Melalui Pengamatan Pertumbuhan Kacang Hijau Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sukma Kharismawati Lambung Mangkurat University

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.23373

Abstract

Pembelajaran IPA di SDN Remo belum diminati siswa. Siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, karena guru biasanya hanya memberikan lebih banyak informasi di kelas atau menyampaikan pengetahuan dari guru ke siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dan siswa. Selain itu, SDN Remo tidak memiliki alat pengajaran dan dukungan terbatas untuk infrastruktur pembelajaran. Penelitian ini merujuk pada penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan sumber data yang diperoleh dari berbagai literatur. Strategi pembelajaran kontekstual dalam pengamatan pertumbuhan kacang hijau dapat berhasil diterapkan oleh guru untuk melibatkan siswa dan menciptakan pengalaman belajar selama pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual, diharapkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan menjadi pembelajaran bermakna bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Elvinawati, E. 2(008). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kimia sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Ketahun Bengkulu Utara. Jurnal Exacta, vol. 6, no. 2, pp. 17-22.

Fadjryani, F. (2016). Rancangan percobaan pengamatan berulang untuk analisis pengaruh interaksi cahaya dan media tanam terhadap pertumbuhan dan perkembangan perkecambahan kacang hijau. Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan, 13(1).

Halimah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Menggunakan Pendekatan Kontekstual Tipe Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN 13/I Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 280-292.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1), 53-62Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Terj. I. Setiawan. Bandung: Kaifa.

Hisbullah dan Nurhayati, S. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur.

Karli, H. (2019). Merancang Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Pendidikan PENABUR - No.32/Tahun ke-18/Juni 2019.

Kunandar. (2007). Guru profesional: Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61–69.

Muchtar, Z, Rosalia, AVA & Silaban, S 2019, ‘Implementation of dubido based on contextual in improving students achievement on rate reaction’, Journal of Physics: Conference Series, vol. 1462, pp. 012053.

Mukhid, A. (2007). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran yang tepat. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi konstruktivisme dalam praksis pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1-14.

Purwanti, Eva. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung Dalam Menulis Puisi. Mataram: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Rosidah, R. (2018). Menumbuhkan motivasi belajar anak sekolah dasar melalui strategi pembelajaran aktif Learning By Doing. QAWWAM, 12(1), 1-17. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.748.

Rusnadi, D. P. P. N. W. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013, May 10). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Jurnal Pendidikan Dasar.

Suyanti, RD. (2010). Strategi pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kharismawati, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Konteksual Melalui Pengamatan Pertumbuhan Kacang Hijau Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 77-87. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.23373