Implementasi Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Kasya Kasya Ardina Kamal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938

Keywords:

Implementasi; Sikap toleransi; sekolah dasar;

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mengetahui tentang sikap toleransi siswa, bagaimana mengembangkan sifat toleransi siswa, dan mengimplementasikannya di SD. Artikel ini menunjukkan bahwa sikap toleransi siswa sekolah dasar dapat diwujudkan melalui penanaman sikap toleransi melalui pengajaran yang diberikan oleh guru, kegiatan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran guru, dan kegiatan ekstrakurikuler. Sikap toleran harus dikembangkan pada siswa sekolah dasar agar siswa dapat mengembangkan karakter yang positif, seperti belajar saling menghargai dan menghormati perbedaan agama, ras, kebangsaan, budaya, bahasa atau hubungan antargolongan.. Artikel ini menerapkan metode pendekatan penelitian kepustakaan kualitatif berdasarkan pengumpulan data pada pembacaan jurnal/artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkari, S.G. 2020. Model Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran di Sman 8

Kota Batam. Yayasan Salman Pekanbaru. Riau.

Al-Ansori, A. M. (2018). “Strategi Pembentukan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar Multikultur dan Dwibahasa SD Pribadi di Kota Bandungâ€. UMBARA Indonesian Journal of Anthropology, 3, 105–116.

Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Treffinger terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Donald J Treffinger tahun 1980 memperkenalkan model pembelajaran Treffinger. Model pembelajaran Treffinger dapat melatih belajar kreatif. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 130–139

Novianty, F., dan Firmansyah, S. 2020. Peran Dosen Program Studi Ppkn Dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi Pancasila Dalam Pemilu Serentak Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 4(1): 70-83.

Nuryanah, Zakiah, L., Fahrurrozi, Hasanah, U.2021. Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5(5).

Qulub, L. 2019. Profesionalisme Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, Vol. 14, No. 01.

Rahmawati, M., dan Harmanto. 2020. Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Common Market Studies. Vol 5(1): 59-72.

Rahmawati, N., & Munadi, M. (2019). “Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018â€. EdukasiIslami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 57–68.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Dikta.

Saputro, M.B. 2021. Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi

di Mts Negeri 6 Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sudrirman, L., Astuty, D., Kwek, K., Risandi, K., Arifin, S., Chanrico, W. 2021. “Sikap Toleransi Antar Budaya di Indonesiaâ€. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). Vol 3(1):667-675.

Tafonao Talizaro, (2018). “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswaâ€. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

TaÅŸ, H., & Minaz, M. B. (2019). “The Impact of Biography-based Values Education on 4th Grade Elementary School Students’ Attitudes towards Tolerance Valueâ€. International Journal of Progressive Education, 15(2), 118–139.

Wardhani, K.D., Harmianto, S., Muryaningsih. S. 2019. Peningkatan Sikap Toleransi melalui Model Pembelajaran VCT Gejala Kontinum Tema 8 di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 02 (2), 102-10.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ardina Kamal, K. (2023). Implementasi Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 52-63. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938