Pengaruh Implementasi Manajemen Kurikulum dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih

Penulis

  • Isti Haryani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.16340

Kata Kunci:

Curriculum Management, Teacher Performance, Education Quality Assurance, Education Segregation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru terhadap Peningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara,dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru SLB BC Cempaka Putih yang berjumlah 52 orang. Teknis analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana dana regresis berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh implementasi manajemen kurikulum terhadap peningkatan penjaminan mutu pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih sebesar 44,32%, yang artinya kedua variabel berjalan seiring, semakain efektif implementasi manajemen kurikulum maka akan semakin baik peningkatan penjaminan mutunya. 2) terdapat pengaruh kinerja guru terhadap peningkatan penjaminan mutu pendidikan segregasi SLB BC Cempaka Putih sebesar 43,80 %,artinya semakin maksimal kinerja guru maka pengaruhnya semakin tinggi terhadap peningkatan penjaminan mutu pendidikan . 3) terdapat pengaruh implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru terhadap peningkatan penjaminan mutu pendidikan segregasi di SLB BC Cempaka Putih sebesar 45,23 %, kedua variabel manajemen kurikulum dan kinerja guru berjalan seiring dengan penjaminan mutu pendidikan yang artinya semakin efektif implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru maka semakin tinggi peningkatan penjaminan mutu pendidikan tersebut. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen kurikulum dan kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih.

Unduhan

Referensi

Amin, M. (2015). Kelembagaan Satuan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Amin, A. S. & Ramdhani, M. A., 2006. Konfigurasi Model untuk Sistem Pendukung Keputusan. Majalah Ilmiah Ekonomi Komputer, 16(1), pp. 11-19.

Darmadji, A. (2012). Implementasi Total Quality Management Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: EL Tarbawi.

Iskandar. (2016). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga.

Ramdhani, M. (2013). Metode Penelitian untuk Riset Teknologi Informasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rusman. (2007). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D,.Bandung : Alfabeta

Notoatmodjo Soekidjo., 2008. Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 3(2), pp. 11- 19.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Haryani, I. (2022). Pengaruh Implementasi Manajemen Kurikulum dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 25–39. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.16340