Penerapan Workshop sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah Di SDN 099/IX Danau Kedap

Authors

  • Ermawinda Ermawinda SDN 99/IX Danau Kedap

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i2.11121

Keywords:

workshop, Teacher Competence

Abstract

This study aims to obtain information and discuss about the application of the workshop as an effort to improve teacher competence in writing scientific papers at SDN 099 / IX Danau Kedap Odd Semester Academic Year 2019/2010. This type of research is a school action research consisting of two cycles with each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted at SDN 099 / IX Danau Kedap in the odd semester of the 2019/2020 school year with research subjects teachers at SDN 099 / IX Danau Kedap totaling 8 teachers consisting of class teachers and subject teachers. Data collection techniques using observation, field notes, interviews and documentation. Data were analyzed using percentage and data reduction. The results showed that the workshop could improve teacher's pedagogical competence in writing scientific papers at SDN 099 / IX Danau Kedap by performing random presentations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar & Usman. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Dalman. (2016). Menulis karya ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya

Dwiloka, Bambang dan Riana, Rati. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Press

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press

Finch, & Crunkilton. (1992). Curriculum development in vocational and technical education. Planning, content and implementation. Fourth edition. Virginia: Polytechnic Institute and State University

Harbison, Frederick H. 1973. Human resources as the wealth of nations. New York: Oxford University Press

Harmanto, Gatot. (2009). Sosiologi Untuk SMA/MA: Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung: Yrama Widya.

Istarani & Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan Jilid 1. Medan : Media. Persada

Kamdi, W dkk. 2002. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang

Kasmad. 2015. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Kelas 1 SD. Jurnal Konseling Gusjigang Vol. 1 No. 2 ISSN: 2460-1187

Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University

Kunandar.2007.Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru.RajaGrafindo Persada.Jakarta.

Kunandar, 2013.Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta DidikBerdasarkan Kurikulum 2013).Rajawali Pers. Jakarta

Kusuma, H. 2009. Manajemen Produksi. Yogyakarta : Andi

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Mulyasa. 2008, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya offset.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Padmono, Y. 2010. Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi.kompasiana.com

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rochman Natawidjaya, 1997, Konsep dasar Penelitian Tindakan (Action. Research). Bandung : IKIP

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.(hal: 15,16)

Sekaran, Uma. (2003). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba 4

Siahaan, Daniel. (2012). Analisa Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak, Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukanti. (2008). Meningkatkan kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia [Online]. Tersedia :

Sofo. Francesco, (1999). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. Business and Professional Publishing, Warriewood. NWS

The Liang Gie (2003). Tehnik Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Sabda Persada. Yogyakarta

Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 dan Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang fungsi pendidikan nasional

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka. Cipta.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Ermawinda, E. (2020). Penerapan Workshop sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah Di SDN 099/IX Danau Kedap. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 158-167. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i2.11121