Manajemen kurikulum sekolah satuan pendidikan kerjasama (SPK) sekolah dasar High Scope Indonesia kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.22437/element.v1i1.29678Keywords:
Manajemen Kurikulum, Sekolah Satuan Pendidikan , Kerjasama , Implementasi Kurikulum , Sekolah , SPKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pada Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) di SD High Scope Indonesia Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang menitik beratkan sumber data melalui informan yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Staf tenaga administrasi yang digunakan untuk menguatkan keabsahan data yang diperoleh. Fokus dari penelitian ini adalah Manajemen Kurrikulum dan kendala yang timbul sekolah SPK di SD High Scope Indonesia Kota Palembang. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan bagaimana kurikulum sekolah SPK ini telah menerapkan manajemen kurikulum yang sesuai dimulai dengan tahap perencanan, pengembangan, pelaksanaan, dan juga evaluasi. Dari pelaksanaan manajemen kurikulum ini juga muncul kendala dalam proses penerapannya seperti integrasi antara kurikulum standar nasional pendidikan dan kurikulum High Scope, serta ketersediaan bahan ajar dan sarana prasarana yang belum memenuhi penunjang selama kegiatan pembelajaran.