Implementasi Kebijakan Sertifikasi dalam Profesionalitas Guru : Studi Kasus Di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama Di KabupatenMuaro Jambi

Authors

  • Siti Badriah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/element.v1i1.29676

Keywords:

Implementasi , Kebijakan Sertifikasi, Profesionalitas Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana implementasi kebijakan sertifikasi ini berpengaruh dalam meningkatkan profesionalitas guru yang ada di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Muaro Jambi, dan menjelaskan apa saja peran sertifikasi ini dalam meningkatkan profesionalitas guru sehingga dapat djadikan bahan informasi dan pertimbangan bagi pembuat kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Sebagai partisipan atau informan dari penelitian ini yaitu Wakil kepala sekolah, tim supervisi sekolah, guru yang sudah bersertifikasi dan peserta didik. Adapun hasil penelitian ini menunjukan implementasi kebijakan sertifikasi sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikannya setiap guru yang bersertifikasi sudah memiliki empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru yang didapat dari pendidikan profesi, diantaranya yaitu Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial. Kemudian terkait dengan peran sertifikasi guru dalam profesionalitas guru  yang telah dirasakan guru disekolah tersebut bahwa dengan adanya sertifikasi guru merasakan kesejahteraan sosialnya meningkat, guru diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi namun hal lain yang belum dirasakan secara maksimal terkait peran sertifikasi ini yaitu, guru belum merasakan secara maksimal dalam pemanfaatan sarana prasarana yang belum lengkap di Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-29

How to Cite

Badriah, S. . (2023). Implementasi Kebijakan Sertifikasi dalam Profesionalitas Guru : Studi Kasus Di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama Di KabupatenMuaro Jambi. Educational Leadership and Management Journal (Element Journal), 1(1), 15-26. https://doi.org/10.22437/element.v1i1.29676