Menigkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Program Kampus Mengajar Di SMP Negeri 24 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/element.v1i1.29673Keywords:
Kompetensi Literasi , Numerasi, Program Kampus MengajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Kampus Mengajar dan Guru di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Program Kampus Mengajar mampu meningkatkan kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa. Berdasarkan pelaksanaan, mahasiswa Kampus Mengajar telah melaksanakan program-program yang telah dirancang secara maksimal, seperti penguatan 15 menit membaca, pembelajaran berbasis kuis, dan pelatihan soal literasi dan numerasi. (2) Faktor pendukung Program Kampus Mengajar memberikan dampak positif pada kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa, faktor pendukungnya seperti adanya motivasi intrinsic, diskusi bersama dan memberikan pembelajaran yang menarik. (3) Faktor penghambat Program Kampus Mengajar dapat memberikan dampak positif pada kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa, faktor penghambatnya seperti rendahnya minat belajar siswa dan masih kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran literasi dan numerasi.