Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Peluang Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.843Abstract
Abstrak
Hasil belajar yang relatif rendah pada setiap kali dilakukan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester merupakan masalah yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Pada materi pokok peluang misalnya banyak siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran pencapaian konsep. Melalui model pembelajaran ini diyakini siswa akan lebih fokus dalam memahami konsep untuk menentukan peluang suatu kejadian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep meningkat dari 58,06% pada siklus 1 menjadi 70,97% pada siklus 2, kemudian rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 67,58 pada siklus 1 menjadi 69,35 pada siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok peluang di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Hasil Belajar, dan Peluang.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2012-10-15 (1)
- 2012-10-15 (1)