This is an outdated version published on 2012-10-15. Read the most recent version.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Peluang Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.843

Abstract

Abstrak

 

Hasil belajar yang relatif rendah pada setiap kali dilakukan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester merupakan masalah yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Pada materi pokok peluang misalnya banyak siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran pencapaian konsep. Melalui model pembelajaran ini diyakini siswa akan lebih fokus dalam memahami konsep untuk menentukan peluang suatu kejadian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep meningkat dari 58,06%  pada siklus 1 menjadi 70,97% pada siklus 2, kemudian rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 67,58  pada siklus 1 menjadi 69,35 pada siklus 2.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok peluang di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Hasil Belajar, dan Peluang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-10-15

Versions

How to Cite

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Peluang Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. (2012). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.843