This is an outdated version published on 2020-04-26. Read the most recent version.

Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima Berbantuan Visual Basic Application

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7948

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar matematika siswa kelas V SD pada materi  bilangan prima dengan berbantuan media pembelajaran ICT yaitu Visual Basic Application (VBA)Excel. Metode penelitiannnya menggunakan penelitian desktiptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah  (MI) II Celak yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen yang diberikan berupa angket skala minat belajar siswa yang terdiri dari 20 pernyataan, dengan masing – masing 10 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif dari lima indikator yaitu 1). Perasaan senang, 2). Ketertarikan siswa, 3). Keterlibatan siswa, 4). Rajin dalam belajar dan rajin dalam mengerjakan tugas matematika, 5). Tekun dan disiplin dalam belajar dan memiliki jadwal belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pembelajaran matematika menggunakan media VBA dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut ditunjukan oleh persentase dari masing – masing indikator minat belajar siswa. Indikator yang paling tinggi yaitu perasaan senang dan ketertarikan siswa dalam belajar matematika, masing – masing memperoleh hasil 87,02% dan 89,18%  yang menunjukan bahwa minat belajar siswa dalam belajar matematika sangat tinggi.

Kata Kunci: minat belajar, bilangan prima, VBA Excel

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-26

Versions

How to Cite

Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima Berbantuan Visual Basic Application. (2020). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7948