MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERBEDAAN TIPE KEPRIBADIAN PADA MATA KULIAH MATRIKS DAN TRANSFORMASI LINEAR di STIKOM SURABAYA

Authors

  • M.J. Dewiyani

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.73

Abstract

Dalam upaya mewujudkan kebangkitan Indonesia menuju bangsa yang tangguh, tema Hardiknas tahun 2011 adalah “Indonesia bangkit dan berkarakterâ€. Melalui  pembangunan karakter bangsa, diharapkan dapat menciptakan manusia Indonesia yang unggul. STIKOM Surabaya memiliki 6 nilai karakteristik yang wajib tertanam pada setiap diri mahasiswa, dan disebut sebagai semangat the Winner. Pada bidang kurikuler, semangat the Winner ditanamkan melalui setiap mata kuliah yang diselenggarakan, diantaranya pada mata kuliah Matriks dan Transformasi Linear. Pada mata kuliah ini, pendidikan karakter didekati melalui pemecahan masalah, yang  merupakan bagian penting yang harus diajarkan kepada peserta didik.  Pendekatan yang dilakukan  adalah dengan metode inkulkasi (penanaman), yang ditempuh dengan memperhatikan perbedaan pada masing-masing peserta didik. Di sinilah penggolongan tipe kepribadian akan bermanfaat untuk menghargai perbedaan, sehingga bermanfaat bagi penunjang keberhasilan pembelajaran. Hasil yang diharapkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mampu memecahkan masalah dalam kehidupannya, dengan didasari oleh nilai yang sekaligus akan dapat mendukung pembangunan karakternya, sehingga pada akhirnya pendidikan karakter dapat tertanam.

Kata kunci : pendidikan karakter, perbedaan tipe kepribadian, matriks

dan transformasi linear, STIKOM Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-10-15 — Updated on 2011-10-15

Versions

How to Cite

Dewiyani, M. (2011). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERBEDAAN TIPE KEPRIBADIAN PADA MATA KULIAH MATRIKS DAN TRANSFORMASI LINEAR di STIKOM SURABAYA. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.73