Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Authors

  • Vika Oktoviani Universitas Swadaya Gunung Djati
  • Wiris Laras Widoyani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ferry Ferdianto Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).  Hal ini didasarikarena masih banyak siswa yang kurang memahami konsep SPLDV sehingga siswa merasa kesulitan dalam memecahkanmasalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal uraian yang berjumlah 4 soal dan tiap soal mewakili masing – masing indikator kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemahaman matematis pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, secara keseluruhan siswa dapat menjawab dengan benar sehingga mencapai tingkat pemahaman yang baik (2) Kemampuan pemahaman matematis pada indikatormengaplikasikan konsep atau algoritma terhadap penyelesaian masalah, siswa dapat membentuk model matematika, kemudian melakukan perhitungan, namun adakesalahan dimana siswa belum mampumenginterpretasikan masalah yang di berikan dengan tepat.

Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, siswa SMP, SPLDV.

 

 

Abstract

This study aims to describe the ability of mathematical understanding of junior high school students in the material system of two variable linear equations (SPLDV). This is based on the fact that there are still many students who do not understand the concept of SPLDV so students feel difficulties in solving mathematical problems. This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this study were junior high school students. The data collection technique uses a test technique in the from of a description question which amounts to 4 questions and each questions represent each indicator of mathematical understanding. The result showed that (1) the ability of mathematical understanding on the indicator restated a concept, as a whole students could answer correctly so that they reached a good level of understanding (2) the ability of mathematical understanding of indicators applying concepts or algorithms to problem solving, students could form models mathematics, then do calculations, but there are errors where students have not been able to interpret the problem given correctly.

Keywords: ability of mathematical understanding, junior high school students, SPLDV

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-13 — Updated on 2019-06-13

Versions

How to Cite

Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39-46. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346