Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika serta Pemahaman Barisan dan Deret Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar dan Survey Pemetaan Melalui Teknik Mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi

Authors

  • Fitri Haryani

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.606

Abstract

Pengamatan pembelajaran matematika di SMK Negeri 3 Jambi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada umumnya masih rendah.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar matematika, khususnya dalam memahami materi barisan dan deret pada siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar Bangunan dan Survey Pemetaan melalui teknik mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi Semester 2 Tahun 2011.  Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Sedangkan teknik mengajar yang digunakan aalah metode Jigsaw pada materi Barisan dan Deret.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebesar: 21,36 %. Skor hasil uji kompetensi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 13,3.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika serta pemahaman Barisan dan Deret bagi siswa kelas XI Program Keahlian Gambar Bangunan dan Survey Pemetaan di SMKN 3 Kota Jambi Semester 2 Tahun 2011.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-04-15 — Updated on 2012-04-15

Versions

How to Cite

Haryani, F. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika serta Pemahaman Barisan dan Deret Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar dan Survey Pemetaan Melalui Teknik Mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.606