This is an outdated version published on 2019-06-11. Read the most recent version.

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas IX di SMPN 1 Cikulur. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan setiap aspek kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa: 1) kemampuan komunikasi matematis secara keseluruhan, siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki; 2) bagi siswa perempuan, aspek menggambar lebih tinggi dibandingkan dengan aspek ekspresi matematika dan aspek menulis; 3) bagi siswa laki-laki, aspek menulis lebih tinggi dibandingkan dengan aspek menggambar dan ekspresi matematika; 4) pada aspek menggambar (drawing), siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki; 5) pada aspek ekspresi matematika (mathematical expression), siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki dan 6) pada aspek menulis (written texts), siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-11

Versions

How to Cite

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. (2019). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880