This is an outdated version published on 2018-11-08. Read the most recent version.

Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Kalkulus 2 Berbasis Probing Prompting

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5539

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul kalkulus 2 berbasis probing
prompting yang praktis dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan
procedural Instruksional Development Institute (IDI) yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap penentuan
(define), tahap pengembangan (develop), dan tahap evaluasi (evaluate).Penelitian ini dibatasi pada
tahap develop yaitu praktikalitas modul dan tahap evaluate yaitu keefektifan modul. Sedangkan tahap
define telah dilakukan pada penelitian terdahulu. Instrument yang digunakan adalah angket untuk
praktikalitas dan tes untuk melihat keefektifan. Subjek penelitian adalah 22 orang mahasiswa program
studi pendidikan matematika di Universitas Riau Kepulauan. Data hasil angket dianalisis dengan
menghitung persentase pencapaian pada setiap aspek, sedangkan data tes dianalisis dengan
menghitung persentase jumlah mahasiswa yang mendapat nilai lebih dari 68. Hasil analisis data angket
praktikalitas didapat rata-rata persentase pencapaian aspek secara keseluruhan adalah 81,47%
termasuk pada kategori Baik sedangkan hasil analisis skor tes diperoleh rata-rata hasil tes adalah 88,64
dengan persentase jumlah mahasiswa yang mendapat nilai lebih dari 68 adalah 81,82%. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa modul telah praktis digunakan dan efektif dalam menunjang
kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus 2.
Kata Kunci : Kalkulus 2, Probing Prompting, Modul, Praktikalitas

Abstract
This research purposed to develop a practical and effective spaced calculus 2 module based on
probing prompting. The research method uses procedural development model of Instructional
Development Institute (IDI) that consist of 3 stages namely define, development, and evaluation stage.
This research was focused to develop stage (i.e. the module practicality) and evaluate stage (i.e. the
module effectiveness). While the define stage has been done in previous research. The instrument used
was a questionnaire for practicality and tests for effectiveness. The subjects were 22 students of
mathematics education program at Universitas Riau Kepulauan. Questionnaire data were analyzed by
calculating percentage of achievement in every aspect, while test data were analyzed by calculating
percentage of total students who got score more than 68. The result of questionnaire data analysis
obtained the average percentage of achievement aspect as a whole was 81.47% included in Good
category while the test score analysis results obtained the average test score was 88.64 with the
percentage of the number of students who score more than 68 was 81.82%. From these results it can
be concluded that the module has been practically used and effective in supporting students'
competence in space calculus 2.
Keywords : calculus 2, probing prompting,module, practicality

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-08

Versions

How to Cite

Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Kalkulus 2 Berbasis Probing Prompting. (2018). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5539