Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent

Authors

  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa, Pangkep, Sul-Sel
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP Andi Matappa, Pangkep, Sul-Sel

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4214

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan tingkat pemikiran siswa berdasarkan teori Van Hiele pada materi dimensi tiga ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD). Tingkat berpikir yang dimaksud adalah tingkat berpikir menurut teori Van Hiele yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA1 SMAN 1 Pangkajene yang terdiri 2 orang siswa yang mewakili kelompok Field Dependent (FD). Instrumen dalam penelitian ini adalah GEFT (Group Embedded Figure Test)untuk mengukur gaya kognitif siswa Field Dependent (FD), tes Geometri untuk mengetahui tingkat berpikir siswa ditinjau dari gaya kognitifnyadan wawancara berbasis tesyang bertujuan menelusuri danmengklarifikasi jawaban siswa secara  mendalam. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara dan dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek pertama dengan gaya kognitif Dependent Dependent (FD) berada pada tingkat analisis sedangkan subjek keduadengan gaya kognitif Dependent Dependent (FD) berada pada tingkat visualisasi.

 

Kata Kunci : Tingkat berpikir teori van Hiele, gaya kognitif Field Dependent (FD)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-28 — Updated on 2017-11-28

Versions

How to Cite

Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 22-29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4214