This is an outdated version published on 2017-05-31. Read the most recent version.

Pengaruh Kemampuan Dasar Matematik Dan Status Domisili Terhadap Keberhasilan Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3701

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar
matematik yang diperoleh mahasiswa dari pendidikan menengah dan
status domilisi terhadap keberhasilan belajar matematika ekonomi
mahasiswa di perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif, dengan jumlah sampel 90 mahasiswa. Data bersumber dari
DPNA, SKHUN Mahasiswa, dan biodata diri mahasiswa tersebut
yang selanjutnya dijadikan sebagai variabel dummy. Data dianalisis
dengan menggunakan uji regresi dengan variabel dummy
menggunakan software Eviews6. Hasil analisis menunjukan bahwa
kemampuan model regresi dalam menjelaskan pengaruh variabel
independent terhadap variabel dependent sebesar 60%, sedangkan
41% ditentukan oleh variabel lain. Secara persial, pengaruh
kemampuan dasar matematik kurang memberikan kontribusi dalam
belajar matematika ekonomi. Sedangkan peranan variabel dummy
memberikan pengaruh yang singnifikan dalam belajar matematika
ekonomi mahasiswa. Artinya, mahasiswa yang tinggal dengan
keluarga hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang
tidak tinggal dengan keluarga. Secara simultas pengaruh kemempuan
dasar matematik dan status domisili terhadap keberhasilan belajar
matematika ekonomi signifikan.
Kata kunci : kemampuan dasar matematika, status domisili,
keberhasilan belajar matematika ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-31

Versions

How to Cite

Pengaruh Kemampuan Dasar Matematik Dan Status Domisili Terhadap Keberhasilan Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. (2017). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 31-40. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3701