Efektivitas Model Pembelajaran Savi Di Tinjau Dari Kemampuan Penalaran Formal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau

Authors

  • Saridin Saridin

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2999

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan penalaran formal siswa pada kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri  4 Baubau yang terdiri atas 13 kelas dan sampel diambil dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII.1 dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang diberikan pada awal (pretest) dan akhir perlakuan (posttest).Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata kemampuan penalaran formal kelompok eksperimen setelah  diajar dengan model pembelajaran SAVI sebesar 71,15 dengan simpangan baku sebesar 18,94, median sebesar 70,00, modus sebesar 65, nilai maksimum sebesar 100 dan nilai minimum sebesar 30. Hasil pengujian hipotesis (uji t) tunggal dengan menggunakan skor N-Gain diperoleh nilai thitung = 10,569, lebih besar dari ttabel = 1,692. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI efektif ditinjau dari kemampuan penalaran formal siswa kelas VIII SMP Negeri  4 Baubau.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran SAVI, Kemampuan Penalaran Formal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-15 — Updated on 2016-04-15

Versions

How to Cite

Saridin, S. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Savi Di Tinjau Dari Kemampuan Penalaran Formal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2999