This is an outdated version published on 2015-04-15. Read the most recent version.

Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh soal ulangan semester genap bidang studi matematika kelas V SD Negeri 1 Katobengke. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian Terapan. Penelitian ini dilaksanakan pada Ulangan Semester II kelas V tahun ajaran 2013/2014 di SD Negeri 1 Katobengke. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti ulangan semester II kelas Va bidang studi matematika tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Analisis data yang diajukan analisis kuantitatif yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian, dalam hal ini menganalisis data, meliputi tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan pengecoh soal. Dari hasil penelitian analisis butir soal bidang studi matematika siswa kelas V semester II tahun ajaran 2013/2014 di SD Negeri 1 Katobengke dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) tingkat kesukaran soal terdiri dari 15% soal mudah, 85% soal sedang, dan tidak ada soal yang sukar, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal tes yang diselidiki ini termasuk kurang baik; 2) daya pembeda soal terdiri dari 10% soal dengan daya pembeda sangat rendah, 20% soal dengan daya pembeda rendah, 55% soal dengan daya pembeda cukup, 15% soal dengan daya pembeda tinggi, dan tidak ada soal yang mempunyai daya pembeda tinggi; dan 3) pengecoh soal terdiri dari 60% memiliki pengecoh yang baik dan 30% tidak memilikih pengecoh yang baik.

 

Kata kunci: analisis tes, tes buatan guru, tes matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-04-15

Versions

How to Cite

Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. (2015). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998