Pengaruh Disiplin Dalam Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa

Authors

  • Anwar Anwar
  • Jaliyuddin Jaliyuddin

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2997

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin dalam belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP 2 Sampolawa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat “ex-post facto†yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat dan mengkaji  variabel tanpa melakukan perlakuan terhadap yang diteliti. Penelitian inidilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa, yang berjumlah 101 orang yang tersebar dalam 5 kelas yaitu: kelas VIIIa berjumlah 21 siswa, kelas VIIIb berjumlah 20 siswa, kelas VIIIc berjumlah 20 siswa, kelas VIIId berjumlah 20 siswa, dan kelas VIIIe berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 41 orang melalui teknik proporsinal random sampling, karena karakteristik akademik kelima kelas pada penelitian ini adalah relatif sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket disiplin dalam belajar dan dokumentasi prestasi belajar matematika untuk mengukur antara disiplin belajar dalam bidang studi matematika terhadap prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dianalisis secara bertahap mulai dari analisis deskriptif hingga analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin siswadengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Neg. 2 Sampolawa.

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-15 — Updated on 2016-04-15

Versions

How to Cite

Anwar, A., & Jaliyuddin, J. (2016). Pengaruh Disiplin Dalam Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2997