Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan

Authors

  • Yunika Lestari Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2994

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa melalui penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) berdasarkan teori APOS (Aksi-Proses-Objek-Skema) pada materi turunan. Teori APOS merupakan teori pembelajaran matematika yang menganggap bahwa suatu konsep matematika dapat dikonstruksi melalui tahap aksi-proses-objek. Pemahaman menyeluruh dari tahap aksi-proses-objek membentuk suatu skema tentang konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 1C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 38 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa melalui penerapan LAM berbasis teori APOS pada materi turunan termasuk dalam kategori cukup.

Kata kunci: Turunan, Teori APOS, kemampuan pemahaman konsep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-15 — Updated on 2016-04-15

Versions

How to Cite

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2994