This is an outdated version published on 2015-10-15. Read the most recent version.

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester II Tahun Akademik 2013/2014 Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2930

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model explicit instruction terhadap hasil belajar matematika ekonomi pada pokok bahasan diferensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-Experimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one-shit case study, dimana dalam rancangan ini tidak terdapat variabel kontrol dan sampel tidak dipilih secara random. Pada rancangan ini terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar mahasiswa, dimana Fhitung 7,690 lebih besar dari pada Ftabel pada dk: pembilang (k-1), penyebut (n-k) α = 0,05 sebesar 3,47. Hasil ini menunjukan bahwa kemampuan analisis mahasiswa tentang optimalisasi kegiatan perekonomian dalam menggunakan sumber daya yang ada ditentakan oleh pemahamannya tentang konsep dasar diferensial fungsi sederhana maupun majemuk dan kemampuannya dalam menentukan titik optimum dari suatu fungsi.

Kata Kunci: model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-15

Versions

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester II Tahun Akademik 2013/2014 Universitas Jambi. (2015). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2930