Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SD

Authors

  • Aprianto Akasi
  • Marcella Marcella
  • Muhammad Iqbal Perdana

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2929

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui   peningkatan kemampuan  representasi  matematis  siswa  sekolah dasar kelas  V pada  materi luas  layang- layang dan  trapesium melalui  model  pembelajaran  Number  Head  Together  (NHT). Adapun  metode  penelitian yang  digunakan  adalah  kuantitatif  dengan  desain  kuasi  eksperimen,  dan  tipe  desain non - equivalent control grup  desain.  Sampel  penelitian  siswa  kelas  V  SD  Pagedangan, Tangerang.  Instrument  penelitian  yang  digunakan  soal  pretest  dan  posttest  yang  dibuat sesuai  dengan  kemampu an  indikator  kemampuan  representasi  matematis.  Hasil penelitian  menunjukan  bahwa  tidak  terdapat  peningkatan   terhadap  kemampuan representasi  matematis  siswa  kelas  V  SD  Pagedangan.  Hal  tersebut  dapat  dilihat  dari nilai  postest  dari  kelas  eksperimen  dengan  si g  =  0.25  >  0.05  yang  mengakibatkan  H0  diterima.

Kata kunci: Number Head Together (NHT), Kemampuan Representasi Matematis, Luas Trapesium dan Layang-Layang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-15 — Updated on 2015-10-15

Versions

How to Cite

Akasi, A., Marcella, M., & Perdana, M. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SD. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2929