This is an outdated version published on 2015-10-15. Read the most recent version.

Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Menggunakan Masalah Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2925

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui mana yang lebih tinggi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran quick on the draw masalah open ended dengan pembelajaran konvensional, dan (2) untuk mengetahui mana yang lebih tinggi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran quick on the draw masalah open ended dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang pada kelas VIII Semester genap Tahun Ajaran 2013/2014. Pemilihan sampel menggunakan cludter random sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiments bentuk Nonequivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik terhadap skor pretest, posttest dan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran quick on the draw dengan masalah open ended lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, dan (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran quick on the draw dengan masalah open ended lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, Open ended, Quick on the draw

math@nsdinata15.com

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-15

Versions

How to Cite

Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Menggunakan Masalah Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. (2015). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2925