Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pembelajaran Kalkulus Melalui Pendekatan Konstekstual
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2669Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajar dengan metode konvensional. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA Prodi Fisika dan Kimia tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain two-group randomized subject post test only control group. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematik mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematik, Pendekatan Kontekstual
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2023-06-01 (1)
- 2023-06-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Eva Musyrifah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.