Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pembelajaran Kalkulus Melalui Pendekatan Konstekstual

Authors

  • Eva Musyrifah

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2669

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajar dengan metode konvensional. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA Prodi Fisika dan Kimia tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah  kuasi eksperimen dengan desain two-group randomized subject post test only control group. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematik mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematik, Pendekatan Kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01 — Updated on 2023-06-01

Versions

How to Cite

Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pembelajaran Kalkulus Melalui Pendekatan Konstekstual. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2669