This is an outdated version published on 2023-06-01. Read the most recent version.

Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Program Dual Mode System (DMS)

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2668

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dicapai oleh siswa setelah belajar matematika sehingga perlu terus dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control design, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis guru MI program DMS dengan pendekatan MEAs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MI program DMS Putaran III, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari dua kelas pembelajaran, yaitu pembelajaran dengan pendekatan MEAs dan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan angket pandangan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan MEAs lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional dan secara umum mahasiswa cenderung memiliki pandangan yang positif  baik terhadap pelajaran matematika maupun terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs.

Kata kunci: Pendekatan MEAs, Komunikasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01

Versions

How to Cite

Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Program Dual Mode System (DMS). (2023). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2668