Penerapan Model Project Based Learning Berbasis DGMATH untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Agus Prianggono Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  • Dwi Ariani Yuniarti Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  • Ari Setiyani Pawening Akademi Komunitas Negeri Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.21622

Kata Kunci:

aplikasi DGMATH, motivasi belajar, project based learning

Abstrak

Pembelajaran matematika pada siswa jenjang sekolah dasar merupakan pembelajaran yang penting untuk diperhatikan. Siswa jenjang sekolah dasar merupakan siswa generasi z yang sudah melek dan bersahabat erat dengan teknologi, model pembelajaran yang baik digunakan adalah model pembelajaran yang terpusat pada siswa. PBL berbasis DGMATH merupakan model pembelajaran yang terpusat pada siswa dan menggunakan suatu aplikasi DGMATH dengan pokok bahasan operasi bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran PBL berbasis DGMATH dan mengukur seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar dari penerapan pembelajaran PBL berbasis DGMATH ini. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk menguji efektivitas dan uji regresi motivasi belajar terhadap pembelajaran PBL berbasis DGMATH dengan subjek siswa kelas satu (1) SD Islam Insan Cendekia sejumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, soal pre test, post test dan kuesioner motivasi belajar siswa. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa pada uji ketuntasan diperoleh hasil 82,83 pada pembelajaran PBL berbasis DGMATH dan pada uji beda rata-rata dengan nilai sig 0,015 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBL berbasis DGMATH terbukti efektif dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yaitu sebesar 76% terhadap hasil belajarnya.

Unduhan

Referensi

Abdullah, P. M. (2015). Living In The World That is Fit for Habitation : CCI’s Ecumenical and Religious Relationships. In Aswaja Pressindo.

Ariani Finda Yuniarti, D., Wega Intyanto, G., Setyani Pawening, A., Komputer dan Jaringan, P., Komunitas Negeri Pacitan, A., & Laksana Studio Produksi, T. (2022). DGMATH: Media Digital Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar Materi Operasi Bilangan Menggunakan Metode RnD DGMATH: Android-Based Mathematics Digital Media for Elementary School Students Materials on Numbers Operations Using the RnD Method. 12(April).

Bunga, N., Prang, J., & Nainggolan, N. (2015). Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Kristen Eben Haezer Ibu dengan Menggunakan Analisis Regresi. D’CARTESIAN, 4(2), 224. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.11370

Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a4.2018

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106

Lesnowati, I., & Hafifi, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 9–18. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.652

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216

Nurcahyoko, kunto. (2014). Project-Based Learning In Teaching Grammar For High and Low Motivated Students The Case of The Tenth Graders of SMAN 1 Bangsri In The Academic Year of 2013/2014. Journal.Unnes.Ac.Id, 4(2), 138–144.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Saragih, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 213–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457

Sardin. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI di Tinjau Dari Kemampuan Penalaran Formal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 06(April), 051–052.

Sianturi, R., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). Komparasi Efektivitas Antara Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikr Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 57–69. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1772

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529.

Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127–145.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106–111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Prianggono, A., Yuniarti, D. A., & Pawening, A. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis DGMATH untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.21622