Analisis Penalaran Proporsional Siswa Dengan Gaya Belajar Auditori Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Pada Siswa SMP Kelas VII

Authors

  • Ika Puspita Sari
  • Sufri Sufri

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2070

Abstract

Dalam pelajaran matematika terdapat banyak konsep yang mengharuskan siswa untuk menggunakan penalaran proporsionalnya. Penalaran proporsional dapat menjadi petunjuk tinggi rendahnya penguasaan matematika siswa pada pokok bahasan yang melibatkan masalah perbandingan.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penalaran proporsional siswa dengan gaya belajar auditori di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi dalam menyelesaikan soal perbandingan sub materi perbandingan senilai dan mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal tes penalaran proporsional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori belum menggunakan penalaran proporsionalnya dalam menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar auditori belum memenuhi ketiga indikator penalaran proporsional. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa pada indikator pertama enam siswa dengan gaya belajar auditori atau 100% siswa dengan gaya belajar auditori dominan bisa menemukan kuantitas yang ingin dibandingkan.  Pada indikator kedua dari enam siswa dengan gaya belajar  auditori lima diantaranya menggunakan kuantitas tersebut hanya untuk mencari nilai satuan saja, bukan untuk menemukan intensif hubungan atau rasio dari dua kuantitas dimana anak menggunakan proporsi-proporsi dari kuantitas yang ada, hanya satu orang atau 16,6% dari siswa dengan gaya belajar auditori yang menggunakan semua kuantitas untuk menemukan intensif hubungan. Pada indikator ketiga enam anak auditori dominan tidak menggunakan perkalian silang untuk menyelesaikan soal yang melekat pada situasi perbandingan hanya satu orang atau 16,6% siswa dengan gaya belajar auditori yang menggunakan perkalian silang pada situasi perbandingan. Dari penelitian yang dilakukan anak auditori memiliki kesalahan berupa kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural.

Kata Kunci : penalaran proporsional siswa, siswa auditori, penyelesaikan soal matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-01 — Updated on 2014-10-01

Versions

How to Cite

Sari, I. P., & Sufri, S. (2014). Analisis Penalaran Proporsional Siswa Dengan Gaya Belajar Auditori Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Pada Siswa SMP Kelas VII. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2070