This is an outdated version published on 2011-04-15. Read the most recent version.

Orientasi Soal Matematika oleh Siswa Autis Berdasarkan Wawancara dan Lembar Jawaban

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.187

Abstract

Abstrak

Anak dilahirkan mempunyai potensi bawaan yang harus dipahami sebagai potensi. Setiap individu dapat berkembang sesuai dengan kapasitas yang terdapat dalam dirinya. Anak didik adalah potensi bangsa yang harus dikelolah dengan optimal agar tumbuh menjadi generasi yang dapat diandalkan.anak-anak yang berkebutuhan khusus juga perlu dipandang sebagai potensi. Demikian juga anak-anak autis yang akhir-akhir ini populasinya berkembang sangat. Pesat. Keberadaan anak autis di sekolah regular maupun inklusi harus diberikan layanan yang memadai sehinggan ia dapat mengkuti pendidikan sesuai dengan potensinya. Pembelajaran di sekolah juga perlu diperhatikan proses berpikirnya tentang alur pemecahan soal. Alur pemecahan soal dapat dilihat dari orientasi soal, penyelesaian soal dan evaluasi terhadap jawaban yang dihasilkan.Dari hasil penelitian  diperoleh bahwa ketika anak autis melakukan orientasi soal, ia dapat melakukan secara asimilasi. Pengetahuan yang dimunculkan sangat dekat dengan kebutuhan pengetahuan yang diperlukan soal.Terhadap kasus ini dapat disimpulkan bahwa anak autis dapat melakukan orientasi soal dengan baik.

 

Kata kunci: orintasi soal, siswa autis, wawancara, lembar jawaban

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-04-15

Versions

How to Cite

Orientasi Soal Matematika oleh Siswa Autis Berdasarkan Wawancara dan Lembar Jawaban. (2011). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.187