Orientasi Soal Matematika oleh Siswa Autis Berdasarkan Wawancara dan Lembar Jawaban
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.187Abstract
Abstrak
Anak dilahirkan mempunyai potensi bawaan yang harus dipahami sebagai potensi. Setiap individu dapat berkembang sesuai dengan kapasitas yang terdapat dalam dirinya. Anak didik adalah potensi bangsa yang harus dikelolah dengan optimal agar tumbuh menjadi generasi yang dapat diandalkan.anak-anak yang berkebutuhan khusus juga perlu dipandang sebagai potensi. Demikian juga anak-anak autis yang akhir-akhir ini populasinya berkembang sangat. Pesat. Keberadaan anak autis di sekolah regular maupun inklusi harus diberikan layanan yang memadai sehinggan ia dapat mengkuti pendidikan sesuai dengan potensinya. Pembelajaran di sekolah juga perlu diperhatikan proses berpikirnya tentang alur pemecahan soal. Alur pemecahan soal dapat dilihat dari orientasi soal, penyelesaian soal dan evaluasi terhadap jawaban yang dihasilkan.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ketika anak autis melakukan orientasi soal, ia dapat melakukan secara asimilasi. Pengetahuan yang dimunculkan sangat dekat dengan kebutuhan pengetahuan yang diperlukan soal.Terhadap kasus ini dapat disimpulkan bahwa anak autis dapat melakukan orientasi soal dengan baik.
Kata kunci: orintasi soal, siswa autis, wawancara, lembar jawaban
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2011-04-15 (1)
- 2011-04-15 (1)