Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Smp Berdasarkan Gender)

Authors

  • Kamid W Sitas

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1411

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa sekolah menengah pertama berdasarkan perbedaan gender dalam menyelesaikan soal matematika. Pengambilan data pada penelitian kualitatif deskriftif ini dilakukan dengan wawancara berbantuan lembar tugas. Untuk mendapatkan proses metakognisi digunakan rekaman hasil wawancara yang mengarah pada pertanyaan langkah-langkah penyelesaian soal berdasarkan langkah-langkah Polya (1973). Hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam menggunakan struktur atau kemampuan yang sudah dimilikinya untuk menyelesaikan soal matematika yang dihadapi. Akan tetapi terdapat perbedaan prosedur pada langkah memahami dan melaksanakan pemecahan soal. Sedangkan langkah merencanakan dan melihat kembali tidak terdapat perbedaan dalam prosedur maupun konsep.

Kata kunci: metakognisi, soal matematika, gender

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

Sitas, K. W. (2013). Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Smp Berdasarkan Gender). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1411