Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Graphmatica

Authors

  • Selamat Siregar

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1410

Abstract

Abstrak

Salah satu solusi yang patut dicoba untuk membantu menyelesaikan masalah siswa yang kurang gairah dalam belajar matematika, pemahaman dan hasil belajar yang rendah adalah dengan memanfaatkan software graphmatica dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan melibatkan siswa kelas XII IPA.2 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 34 orang sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar observasi, tes pemahaman, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75,10%  pada siklus 1 menjadi 82,94% pada siklus 2. Kemudian untuk pemahaman terjadi peningkatan dari 62,90% pada siklus 1 menjadi 67,70% pada siklus 2, dan 71,66% pada siklus 3. Demikian juga dengan hasil belajar matematika siswa, terjadi peningkatan yaitu dari 63,38% pada siklus 1; 66,76% pada siklus 2, dan 73,53% pada siklus 3. Simpulannya adalah aktivitas belajar, pemahaman, dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan software graphmatica.

 

Kata Kunci: aktivitas belajar, pemahaman, hasil belajar, dan software graphmatica

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

Siregar, S. (2013). Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Graphmatica. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1410