Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan

Authors

  • Feri Tiona Pasaribu

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1390

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan tingkat pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan teori Vygotsky pada pokok bahasan kubus dan balok, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan teori Vygotsky dapat meningkat pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil tes awal, diperoleh informasi rata-rata bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan memecahkan masalah masih rendah dengan nilai rata-rata kelas 69,18. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 73,32 dengan 31 siswa atau 72,1% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 78,86 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 40 orang atau 93,02% dari seluruh siswa. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan teori Vygotsky pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dapat meningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

 

Kata kunci: pembelajaran, teori Vygotsky, pemecahan masalah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

Pasaribu, F. T. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1390