Penerapan Pendekatan Kontruktivisme Dalam Perkuliahan Perencanaan Pengajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1389Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Matematika (PPM), dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester III kelas D pada Program Studi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Islam Riau yang mengikuti perkuliahan PPM pada semester ganjil 2012/2013. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, dan data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin membaik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Matematika.
Kata kunci: pendekatan konstruktivisme, aktifitas, hasil belajar PPM
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2013-04-15 (1)
- 2013-04-15 (1)