Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Melalui Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan penilaian HOTS

(Improve teacher teaching skills throughassistance in the preparation of learning tools and HOTS assessment

Authors

  • Eva Nurul Malahayati Universitas Islam Blitar
  • Mar’atus Sholihah Universitas Islam Blitar

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9914

Keywords:

mentoring, learning devices, HOTS assessment

Abstract

Changes to the 2013 revised curriculum require teachers to be able to preparation and implement learning with a focus on four elements, 1) Reinforcement character education, 2) Literacy movement, 3) 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creative, Communicative, and Collaborative), and 4) HOTS (Higher-Order Thinking Skills) Assessment. Mentoring in the preparation of learning and HOTS assessment for teachers aims to improve teacher skills in making learning devices that are in accordance with the 2013 revised curriculum and be able to apply them in the classroom, as well as being able to develop HOTS assessment instruments. The method used is In House Training (IHT) and mentoring with evaluation model developed by Donald Kirkpatrick (1975) which consists of 4 levels: reaction, learning, behaviour and result. The product of this research is the learning devices and HOTS assessment. The conclusion of this research is that teachers can develop learning devices and HOTS assessments and teachers are skilled in 21st century learning according according to the revised 2013 curriculum demands.

Abstrak. Perubahan kurikulum 2013 revisi menuntut guru untuk dapat menyusun dan melaksanakan pembelajaran dengan menitik beratkan pada empat unsur, 1) Penguatan pendidikan karakter (PPK), 2) Gerakan Literasi, 3) 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creative, Communicative, Dan Collaborative), dan 4) Penilaian HOTS (Higher-Order Thinking Skills). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian HOTS bagi guru bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 revisi dan menyusun instrumen penilaian HOT.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar evalusi  yang dikembangkan oleh Donald Kirkpatrick (1975) serta dokumentasi yang dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman,1984). Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu in house training, pendampingan, dan impelementasi perangkat pembelajaran kurikumum 2013 revisi dan instrumen penilaian HOT. Selanjutnya guru akan mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang telah disusun sesuai kelasnya, Selama pengimplementasian perangkat pembelajaran, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Hasil observasi akan dijadikan bahan refleksi bersama. Kesimpulan dari penelitian ini guru dapat menyusun perangkat pembelajaran dan penilain HOTS sesuai tuntutan kurikulum 2013 revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., & Badarudin, B. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada. Junal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–94.

Machali, Imam. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3, (1).

Priyono, S., Sulistyorini, S., Iskandar, D., & Mushthafa, M. (2016). Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 06: Pengelolaan Kurikulum. (H. Hasan, H. Widyaistono, M. Mariati, & M. Y. Saad, Eds.). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sa’bani F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1, (2).

Yani, Ahmad. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-12-17 — Updated on 2020-12-17

Versions

How to Cite

Malahayati, E. N., & Sholihah, M. . (2020). Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Melalui Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan penilaian HOTS : (Improve teacher teaching skills throughassistance in the preparation of learning tools and HOTS assessment. BIODIK, 6(4), 423-433. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9914