This is an outdated version published on 2019-12-01. Read the most recent version.

Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Model Games “Antibody vs Antigen” Menggunakan RPG Maker MV pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun

Development of Mobile Learning Model Games Application "Antibody vs Antigen" Using RPG Maker MV on the Immune System material

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7870

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, RPG Maker MV, Sistem imun.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG) Maker MV  pada pembelajaran biologi materi sistem imun, mengetahui aktivitas pembelajaran menerapkan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar  antara  siswa  yang  menerapkan  media  pembelajaran  berbasis  RPG Maker MV dengan siswa yang tidak , dan  mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . Penelitian ini menggunakan pendekatan riset dan pengembangan (R&D) dengan model  ADDIE.  Pendekatan  penelitian  yang  digunakan  adalah  pendekatan  kuantitatif  dengan  desain Pretest-Posttest Control Group Design. Media yang dihasilkan merupakan media yang sangat valid dan sangat praktis. Aktivitas  siswa  memiliki  persentase rata-rata  79,02%  yang  termasuk  dalam  kategori  baik.  Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas yang menerapkan media berbasis RPG Maker MV dengan kelas yang tidak menerapkan RPG Maker MV. Siswa memberi respon positif terhadap penerapan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV pada pembelajaran Biologi.

Kata kunci :Media Pembelajaran, RPG Maker MV.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoto, T dan Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainsmatika. 8 (1). 13-29.
Anggraeni, R. D dan Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 3 (1). 11-18.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke 14. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, I. (2018). Mobile learning development of games based model using RPG Maker MV in ecosystem concept. ICMScE, 3, 29–34.

Ciampa, K. (2018). Learning in a mobile age: An investigation of student motivation. Journal of Computer Assisted Learning, 30(1), 82–96. https://doi.org/10.1111/jcal.12036

Ence Surahman, & Herman Dwi Surjono. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).

Faturahman, A. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis RPG Maker mv untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Materi Kingdom Animalia. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2, 11.

Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Belajar Matematika. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(2), 195. https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i2.a663

Lubis, I. R dan Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembalajaran Kimis Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1 (2). 191-201.
Nadifah, L. U., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., … Matematika, P. P. (2018, June 7). Penegembangan Game “ Paduka. Exe” Berbasismaker Mv Sebagai Media Belajar Mandiri. Digilib.Uinsby.Ac.Id, p. 124. Retrieved from https://core.ac.uk/display/160021171

Perez, D. (2012). Beginning RPG Maker VX Ace. In Aprees (Vol. 1). https://doi.org/10.1007/978-1-4842-0784-0
Prasetyowati, D. (2016). Efektivitas Mobile Learning Pada Mata Kuliah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA, 6(Maret), 1–8. https://doi.org/10.26877/aks.v6i1/Maret.864

Sadikin, A., Nasrul H. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students. Jurnal BIODIK, 5(2), 131-138.

Sarrab, M., & Elgamel, L. (2013). M-Learning n Environment. International Journal of Distributed and Parallel Systems (IJPDS), 3(4), 31–38. https://doi.org/10.1097/00152193-198709000-00017

Scepanovic, S. (2015). Game Based Mobile Learning – Application Development and Evaluation. ELearning, (September), 24–25.

Smaldino, et all. (2012). Intructional Technology and Media For Learning. USA : Pearson Education
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-12-01

Versions

How to Cite

Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Model Games “Antibody vs Antigen” Menggunakan RPG Maker MV pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun : Development of Mobile Learning Model Games Application "Antibody vs Antigen" Using RPG Maker MV on the Immune System material. (2019). BIODIK, 5(3), 225-238. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7870