This is an outdated version published on 2019-12-01. Read the most recent version.

Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem

Developing of Adobe Flash Multimedia Learning Biology Through Project Based Learning to Increase Student Creativity in Ecosystem Concepts

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Keywords:

adobe flash, project based learning, kreativitas, ekosistem

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran biologi terlalu memacu  otak siswa untuk melakukan penalaran verbal dan pemikiran logis berbagai macam konsep. Proses pembelajaran biologi hanya terpaku pada buku ajar saja, belum biasa memanfaatkan fasilitas pembelajaran berbasis ICT. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia adobe flash pembelajaran biologi melalui project based learning pada konsep ekosistem, mengetahui perbedaan kreativitas sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penggunaan multimedia pembelajaran biologi berbasis adobe flash melalui project based learning pada konsep ekosistem, mengetahui respon siswa terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Developmen (R&) dengan model Thiagarajan (4). Pendekatan penelitian yang digunakan pada uji coba skala luas adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One Pretest-posttest Group Design. Hasil penelitian menghasilkan produk multimedia adobe flash melalui project based learning pada konsep ekosistem yang telah valid dengan persentasi rata-rata validasi 83% kategori sangat valid, terdapat peningkatan kreativitas siswa setelah penggunaan multimedia pembelajaran, respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran memberikan respon yang positif.

Katakunci: adobe flash, project based learning, kreativitas, ekosistem

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Edisi Revi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Eka yanti, Evi., Eka Setiadi, Anandita. 2017. “Eka Yanti, Evi., Eka Setiadi, Anandita.” Jurnal Bioeducation 2(1): 15–24.
Farida Hasan Rahmaibu, Farid Ahmadi, Fitria Dwi Prasetyaningsih. 2017. 7 Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn.

Fatiyati, R dan Runtut Prih, U. (2013).Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.D030.

Khuzaini, Nanang. 2014. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Pokok Trigonometri.” Jurnal AgriSains 5(2): 192–209.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rieka Cipta.

Radyan, Pradana. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Professional Cs5. Tersedia : [Online]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8872.

Rahmaibu, Farida Hasan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Studi Kasus. PGSD, Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIP UNNES.

Sadikin, Ali, and Nasrul Hakim. 2019. “Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 .” BIODIK 5(2): 131–38.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujoko. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 1 (1).

Sukartono. 2018. “Revolusi Industri 4.0 Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta: 1–21.

Suwastono, A. (2011). Pengembangan Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Pengindraan Jauh S1. Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M.I. (1974). Intructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. University of Minnesota.

Wicaksono. D.P., Kusmayadi, T.A., dan Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2 (5) 534-549.

Downloads

Published

2019-12-01

Versions

How to Cite

Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem: Developing of Adobe Flash Multimedia Learning Biology Through Project Based Learning to Increase Student Creativity in Ecosystem Concepts. (2019). BIODIK, 5(3), 181-196. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869