This is an outdated version published on 2019-09-02. Read the most recent version.

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Efforts to Increase Student Learning Activities and Achievements in the Field of Biological Studies through the Implementation of the STAD Type Cooperative Learning Method

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7589

Keywords:

Model STAD, Biologi, SMA N 2 Muara Bungo

Abstract

Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul dalam pembelajaran Biologi, khususnya pada materi atau kompetensi dasar â€Mendeskripsikan ciri-ciri virus, replikasi dan peranannya dalam kehidupan†di kelas X-1 Semester I SMA Negeri 2 Muara Bungo. Guru dengan berbagai cara telah mengusahakan agar semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran standar juga telah dilaksanakan, berbagai media pembelajaran yang ada di sekolah telah dimanfaatkan, berbagai bentuk penugasan telah pula diberikan untuk dilaksanakan oleh siswa, baik di dalam  maupun di luar kelas, mulai dari tugas melakukan observasi, melakukan eksperimen, membuat laporan singkat hasil eksperimen atau hasil observasi, mengerjakan LKS, dan lain sebagainya. Namun demikian, dalam berbagai kesempatan tanya jawab, diskusi kelas, maupun ulangan harian, aktivitas dan prestasi belajar mereka sangat rendah. Berdasarkan catatan guru,  aktivitas siswa dalam tanya jawab dan diskusi kelas masing-masing hanya sebesar 30% dan 35% dari 40 siswa yang ada. Sebagian besar dari siswa justru memperlihatkan aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran, seperti kelihatan bengong dan melamun, kurang bergairah, kurang memperhatikan, bermain-main sendiri, berbicara dengan teman ketika dijelaskan, canggung berbicara atau berdialog dengan teman waktu diskusi, dan lain sebagainya.   Sementara itu dari hasil ulangan harian/ulangan blok,  prestasi belajar mereka hanya sebesar 45% yang berhasil mencapai batas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Kata Kunci:Model STAD, Biologi, SMA N 2 Muara Bungo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Hainur Rasid.(1996). Telaah Kurikulum SMU (Model Pembelajaran Konsep ).Surabaya. University Press.

Afrizon, Renol. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTS Model Padang Dengan Menggunakan Model PBI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1. 1-16

Ahmad, Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Ahmad, Sudrajat. (2013). Prinsip Pengembangan Kurikulum. (www.Wordpress.com) , tanggal 10 Desember 2013.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdaka Offset.

Anik Gufron. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan R&D di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.Yogyakarta.Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Aria, Nugraha. Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional, diakses dari (www.pribahasaindonesia.com), tanggal 6 Nopember 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Asrori, Muhammad. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung. Cv. Wacana Prima.
Asriani, Tresna. (2017). Penerapan PBI Berbasis ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi 2017.

Budiarti, R. S., & Sadikin, A. (2015). Pengaruh Kartu Kwartet Animalia dengan Model TGT terhadap Pemahaman Materi Taksonomi Hewan Siswa SMAN 8 Kota Jambi. BIODIK, 1(1).

Dewi, Tiara Anggia, (2016). Penerapan Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. ISSN: 2442-4994 Vol.4. No.1 (2016) 35-45.

Departemen Pendidikan Nasional .(2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan menengah umum.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas

Departemen Pendidikan Kebudayaan .(1996). Tujuan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta. Lukmana, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Dimyati dan Mudjiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Harun, Rasyid. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Wacana Prima. Bandung
Harlona. (2013). Contoh Rencana Lembar Validasi.(http://harlona.blogspot.co.id/2013/08/contoh-lembar-validasi-rencana.html).

Hamidah. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Bhineka.
Islamiati, F., Kusnadi, K., & Suhara, S. (2018). Penerapan Self Generated Analogy sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Sistem Peredaran Darah. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 24-28.

Nurhayati, Nunung. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Bandung.Yrama Widya.

Palupi, Ayang. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Simo Kabupaten Ngawi. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surakarta.

Sadikin, A. (2018). The Implementation of Learning Journal to Improve University Students’ Motivation in Basic and Process of Learning Biology Subject. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta. Panitia Sertifikasi Guru.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung . Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan untuk bidang Pendidikan Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 31-37.

Widodo, Rahmad. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Winarno, W., Tindangen, M., & Palenewen, E. (2018). Teacher Problem Analysis in the Development of Biology Learning Tools Integrated by Reading Questionning and Answering (RQA) Learning Model in Senior Highschool. BIODIK, 4(1), 18-25.
Wibowo, Y. G., & Sadikin, A. (2019). Biology in the 21st-Century: Transformation in biology science and education in supporting the sustainable development goals. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 285-296.
Zulfaidhah, Z., Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Needs Analysis in the Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7th Grade Students’ Science Learning Outcome at SMPN 2 Bongan. BIODIK, 4(1), 48-59.

Downloads

Published

2019-09-02

Versions

How to Cite

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Efforts to Increase Student Learning Activities and Achievements in the Field of Biological Studies through the Implementation of the STAD Type Cooperative Learning Method. (2019). BIODIK, 5(2), 121-130. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7589