This is an outdated version published on 2019-09-01. Read the most recent version.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah

Learning Media Development of Problem Based Instruction Method Toward Student Outcome and The Skill’s of Writing Scientific Report

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, PBI, Laporan Ilmiah, Hasil Belajar

Abstract

Learning Media Development of Problem Based Instruction Method Toward Student Outcome and The Skill’s of Writing Scientific Report  Teachers can develop learning tools according to their needs in Biology lessons. This study aims to determine the results of needs analysis, validation analysis, usefulness to improve the ability to write reports, analysis of the effectiveness of the development of the device. This research is a development research using quantitative and qualitative methods. Previously, researchers took data analysis of teacher needs, more than 60% still did not use the device to the fullest, 75% of teachers had not yet made an assessment rubric. The learning kit was declared valid with a presentation of 89.6%. And there is an increase in the learning outcomes of students in the control and experimental classes because t-count <-table = -20.96 <-1.67 at SMA Negeri 2 Samarinda.

Keywords: Learning Tools, PBI, Scientific Reports, Learning Outcomes

Abstrak : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI)  Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah Biologi SMAN 2 Di Samarinda. Guru dapat mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan  dalam pelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan , analisis validasi, ketermanfaatan  untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan, analisis keefektifan pengembangan perangkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Sebelumnya peneliti mengambil data analisis kebutuhan guru, lebih dari 60 % masih  belum menggunakan perangkat  secara maksimal, guru 75 % belum membuat rubrik penilaian. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan presentasi 89,6 %. Dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen karena thitung <-ttabel = -20,96 <-1,67 di SMA Negeri 2 Samarinda.

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, PBI, Laporan Ilmiah, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Hainur Rasid.(1996). Telaah Kurikulum SMU (Model Pembelajaran Konsep ).Surabaya. University Press.

Afrizon, Renol. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTS Model Padang Dengan Menggunakan Model PBI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1. 1-16

Ahmad, Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Ahmad, Sudrajat. (2013). Prinsip Pengembangan Kurikulum. (www.Wordpress.com) , tanggal 10 Desember 2013.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdaka Offset.

Anik Gufron. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan R&D di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.Yogyakarta.Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Aria, Nugraha. Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional, diakses dari (www.pribahasaindonesia.com), tanggal 6 Nopember 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Asrori, Muhammad. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung. Cv. Wacana Prima.
Asriani, Tresna. (2017). Penerapan PBI Berbasis ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi 2017.

Dewi, Tiara Anggia, (2016). Penerapan Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. ISSN: 2442-4994 Vol.4. No.1 (2016) 35-45.

Departemen Pendidikan Nasional .(2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan menengah umum.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas

Departemen Pendidikan Kebudayaan .(1996). Tujuan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta. Lukmana, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Dimyati dan Mudjiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa SMA menggunakan Eclipse Galileo. BIODIK, 2(1).
Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Harun, Rasyid. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Wacana Prima. Bandung
Harlona. (2013). Contoh Rencana Lembar Validasi.(http://harlona.blogspot.co.id/2013/08/contoh-lembar-validasi-rencana.html).

Hamidah. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Bhineka.
Nurhayati, Nunung. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Bandung.Yrama Widya.

Palupi, Ayang. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Simo Kabupaten Ngawi. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surakarta.

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta. Panitia Sertifikasi Guru.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung . Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan untuk bidang Pendidikan Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. BIODIK, 3(2), 73-80.
Sadikin, A. (2018). The Implementation of Learning Journal to Improve University Students’ Motivation in Basic and Process of Learning Biology Subject. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.

Yuliani, Y., Nurjhani, M., & Suhara, S. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(1), 41-47.

Widodo, Rahmad. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Downloads

Published

2019-09-01

Versions

How to Cite

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah : Learning Media Development of Problem Based Instruction Method Toward Student Outcome and The Skill’s of Writing Scientific Report. (2019). BIODIK, 5(2), 96-108. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881