ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS X MIA SMA NEGERI BERAKREDITASI A SE-KOTA JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo%202.4920

Abstract

Abstrak. Penelitian deskriptif analitik ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru Biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di Kelas X MIA SMA Negeri Berakreditasi A Se-kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan hambatan yang dialami oleh guru mata pelajaran Biologi antara lain: (1) guru kurang mampu melaksanakan pembelajaran dan membimbing siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode, model, dan media yang seharusnya menimbulkan ketertarikan siswa untuk lebih aktif dalam belajar, (3) siswa yang aktif lebih sedikit, hal ini disebabkan keanekaragaman siswa, daya imajinasi, kreatif, pengetahuan, sikap/perilaku terhadap mata pelajaran berbeda, (4) terbatasnya waktu, tenaga, dan modalitas guru untuk melaksanakan semua bentuk dan teknik penilaian dalam Kurikulum 2013, dan (5) siswa sulit untuk mencerna dan memahami isi atau pesan yang di sampaikan pada buku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-24

How to Cite

ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS X MIA SMA NEGERI BERAKREDITASI A SE-KOTA JAMBI. (2018). BIODIK, 2(2), 86 - 95. https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo 2.4920