PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Lora Purnamasari Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Zikra Zikra
  • Fachrul Reza

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo%202.4908

Abstract

ABSTRAK. Penguasaan konsep dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti masih rendah. Guru cenderung menggunakan metode ceramah, dan buku sumber yang tersedia juga terbatas sehingga  pada saat proses pembelajaran siswa kurang aktif.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain matching prettest-posttest contol group design. Pada penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII D dan kelas kontrol yaitu kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah lembaran test hasil belajar siswa secara tertulis. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kelas kontrol 84,83 dan kelas kontrol 76,61. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel yaitu 3,745>2,00 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta Lampung Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-23 — Updated on 2018-04-23

Versions

How to Cite

Purnamasari, L., Zikra, Z., & Reza, F. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. BIODIK, 2(2), 62 - 66. https://doi.org/10.22437/bio.v2iNo 2.4908