PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI BAKTERI BAGI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4878Abstract
Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIA SMA 2 Kota Jambi. Data hasil validasi ahli dan tanggapan siswa serta guru mata pelajaran biologi sebagai pengguna akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dimana data diperoleh dari angket. Proses validasi telah dilakukan baik oleh validasi ahli materi maupun validasi ahli media. Hasil akhir untuk validasi ahli materi memperoleh persentase 70,4% termasuk dalam kategori “baikâ€, sedangkan untuk hasil akhir untuk validasi ahli media memperoleh persentase 71% termasuk dalam kategori “baikâ€. Kemudian hasil yang diperoleh untuk persepsi guru mata pelajaran biologi memperoleh skor 86% termasuk dalam kategori “sangat baik†dan untuk ujicoba kelompok kecil memperoleh persentase 90% termasuk kategori “sangat baikâ€. Berdasarkan hasil yang diperoleh baik dari validasi tim ahli, persepsi guru dan respon siswa, maka LKPD bermuatan pendidikan karakter dianggap layak dari segi kualitas materi dan media. Dengan demikian, LKPD bermuatan pendidikan karakter yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Kota Jambi kelas X pada materi Bakteri.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-04-18 (1)
- 2018-04-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).