Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantukan E-LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X SMAN 1 Medan

(The Effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model Assisted by E-LKPD on Students' Critical Thinking Ability on Classification of Living Creatures Material in Class X of SMAN 1 Medan)

Authors

  • Rachel Saytama Sinurat Universitas Negeri Medan
  • Nadya Dewi Syahputri Universitas Negeri Medan
  • Nia Yulina Rambe Universitas Negeri Medan
  • Niken Rebista Universitas Negeri Medan
  • Prayeni Margaretha Hutabalian Universitas Negeri Medan
  • Naziha Amanda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41758

Abstract

The research aimed to determine the effectiveness of the PBL learning model assisted by e-LKPD on students' critical thinking skills on the material of classification of living things in class X of SMAN 1 Medan. The research was a quantitative study to identify how the independent variable influences the dependent variable. The research subjects used two randomly selected classes: the experimental class, which implemented the PBL model assisted by e-LKPD, and the control class, which implemented the conventional method. The research showed that the application of problem-based learning (PBL) assisted by e-LKPD significantly impacted students' critical thinking competencies in studying the subject matter of classification of living things compared to the conventional model.

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbantukan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas X SMAN 1 Medan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Subjek penelitian menggunakan dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen yakni dengan menerapkan model PBL berbantukan e-LKPD dan kelas kontrol yakni menerapkan metode konvensional. Dari penelitian yang dilakukan, ditunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) yang berbantuan e-LKPD sangat efektif pada peningkatan kompetensi berpikir kritis siswa dalam mempelajari materi pelajaran klasifikasi makhluk hidup, jika dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artanti.(2020). Modul Pembelajaran SMA Biologi. Kemdikbud

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5 (2): 5000-5015.

Dwiputri, U., Salempa, P., & Sugiarti, S. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit). Chemistry Education Review (CER), 5 (2): 147.

Fardiana, N. K. R. S., Latip, A., & Abdurrahman, D. (2024). Penerapan e-LKPD berbasis Model Pembelajaran dalam Pembelajaran IPA di sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1551-1568.

Firdaus, A., Nisa, C. L., Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 10 (1): 68-77.

Harahap, Muhammad S., Ahmad, M., & Lumbantobing, S. M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Youtube terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mathematic Education Journal Math Edu, 5 (1): 70-80.

Khalda, S., & Haq, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Channel Youtube Privat Al Faiz terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Matematika dan Sains Terapan, 2 (2): 69–75.

Kholifatus, F.Y., Agustinigsih, Wardoyo, A. A. (2021). Pengembangqn Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2): 143-151.

Kistian, Agus. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10 (2): 92-104.

Krismawati, A., Arigethi, V.P & Prayogo, M.S. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Mangli 02 Jember. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13 (2): 330-335.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2 (1): 14-23.

Nurlaila, M., Agus, R. N., & Lestari, I. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Live worksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3 (1): 50–62.19:55

Rahmawati, D., & Asri, M. T. (2023). Pengembangan e-LKPD virus berbasis problem based learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 250-259.

Sains, J. T., Bombang, V., Fayeldi, T., Ika, Y., & Pranyata, P. (2022). Ruang Sisi Datar Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 4 (1): 27–41.

Sani, R. N., & Ambarwati, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 323-338.

Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1-14.

Shoffa, S., Giap, Y. C., Kom, S., Sari, D. P., Rohmah, R., Lestari, V. N. S., & Sari, A. Y. (2020).

Abdimas Untuk Negeri Implementasi Kinerja Dosen dalam Bentuk Pengabdian di Masyarakat. Samudra Biru.

Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Sinurat, R. S., Syahputri, N. D., Rambe, N. Y., Rebista, N., Hutabalian, P. M., & Amanda, N. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantukan E-LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X SMAN 1 Medan: (The Effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model Assisted by E-LKPD on Students’ Critical Thinking Ability on Classification of Living Creatures Material in Class X of SMAN 1 Medan). BIODIK, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41758

Most read articles by the same author(s)