Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantukan E-LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X SMAN 1 Medan
(The Effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model Assisted by E-LKPD on Students' Critical Thinking Ability on Classification of Living Creatures Material in Class X of SMAN 1 Medan)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41758Abstract
The research aimed to determine the effectiveness of the PBL learning model assisted by e-LKPD on students' critical thinking skills on the material of classification of living things in class X of SMAN 1 Medan. The research was a quantitative study to identify how the independent variable influences the dependent variable. The research subjects used two randomly selected classes: the experimental class, which implemented the PBL model assisted by e-LKPD, and the control class, which implemented the conventional method. The research showed that the application of problem-based learning (PBL) assisted by e-LKPD significantly impacted students' critical thinking competencies in studying the subject matter of classification of living things compared to the conventional model.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbantukan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas X SMAN 1 Medan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Subjek penelitian menggunakan dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen yakni dengan menerapkan model PBL berbantukan e-LKPD dan kelas kontrol yakni menerapkan metode konvensional. Dari penelitian yang dilakukan, ditunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) yang berbantuan e-LKPD sangat efektif pada peningkatan kompetensi berpikir kritis siswa dalam mempelajari materi pelajaran klasifikasi makhluk hidup, jika dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik.
Downloads
References
Artanti.(2020). Modul Pembelajaran SMA Biologi. Kemdikbud
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5 (2): 5000-5015.
Dwiputri, U., Salempa, P., & Sugiarti, S. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit). Chemistry Education Review (CER), 5 (2): 147.
Fardiana, N. K. R. S., Latip, A., & Abdurrahman, D. (2024). Penerapan e-LKPD berbasis Model Pembelajaran dalam Pembelajaran IPA di sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1551-1568.
Firdaus, A., Nisa, C. L., Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 10 (1): 68-77.
Harahap, Muhammad S., Ahmad, M., & Lumbantobing, S. M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Youtube terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mathematic Education Journal Math Edu, 5 (1): 70-80.
Khalda, S., & Haq, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Channel Youtube Privat Al Faiz terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Matematika dan Sains Terapan, 2 (2): 69–75.
Kholifatus, F.Y., Agustinigsih, Wardoyo, A. A. (2021). Pengembangqn Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2): 143-151.
Kistian, Agus. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10 (2): 92-104.
Krismawati, A., Arigethi, V.P & Prayogo, M.S. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Mangli 02 Jember. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13 (2): 330-335.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2 (1): 14-23.
Nurlaila, M., Agus, R. N., & Lestari, I. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Live worksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3 (1): 50–62.19:55
Rahmawati, D., & Asri, M. T. (2023). Pengembangan e-LKPD virus berbasis problem based learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 250-259.
Sains, J. T., Bombang, V., Fayeldi, T., Ika, Y., & Pranyata, P. (2022). Ruang Sisi Datar Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 4 (1): 27–41.
Sani, R. N., & Ambarwati, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 323-338.
Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1-14.
Shoffa, S., Giap, Y. C., Kom, S., Sari, D. P., Rohmah, R., Lestari, V. N. S., & Sari, A. Y. (2020).
Abdimas Untuk Negeri Implementasi Kinerja Dosen dalam Bentuk Pengabdian di Masyarakat. Samudra Biru.
Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rachel Saytama Sinurat, Nadya Dewi Syahputri, Nia Yulina Rambe, Niken Rebista, Prayeni Margaretha Hutabalian, Naziha Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).