Pengembangan e-LKPD Etnobiologi Berbasis PBL Berbantuan Heyzine Flipbook Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa Fase E
(Development of PBL-Based Ethnobiology e-LKPD Used By Heyzine Flipbook on Biodiversity Materials to Improve Critical Thinking And Collaboration Ability of Phase E Students)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41748Abstract
The development of 21st century education demands an increase in students' critical thinking skills, which can be developed through digital technology-based Biology learning. However, the use of LKPD in printed form is still less effective, so e-LKPD is needed. This research aims to develop a PBL-based ethnobiology e-LKPD using the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) with the help of Heyzine Flipbook. The subjects in this research were class X students at SMA Negeri 6 Ogan Komering Ulu. The results of the initial analysis show that many students do not understand biodiversity material due to limited teaching materials and conventional learning methods. With excellent qualifications, the overall average validity score is 83.77%. The results of the practicality of teacher e-LKPD were 87%. Effectiveness results through N-gain analysis showed that the control class was 0.66 with medium criteria, while the results of the N-gain analysis value for the experimental class were 0.76 with high criteria. It can be concluded that the development of PBL-based ethnobiology e-LKPD on Biodiversity material for Phase E students is suitable for use and can increase the effectiveness of Biology learning in high school and link learning with local wisdom, so that learning is more effective and meaningful. It is hoped that the use of e-LKPD can improve critical thinking and integrate local wisdom in learning.
Abstrak.
Perkembangan pendidikan abad ke-21 menuntut peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran Biologi berbasis teknologi digital. Siswa juga harus diajari cara melatih keterampilan dan mendapatkan umpan balik melalui penggunaan alat pembelajaran digital. Dengan bantuan perangkat lunak pendukung, sumber belajar interaktif dalam bentuk digital dapat dikembangkan. Heyzine flip book merupakan salah satu program yang dapat dimanfaatkan. Salah satu media yang cukup inovatif dan menarik bagi peserta didik untuk pembelajaran Biologi adalah aplikasi Heyzine flipbook. LKPD merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan guru, dan dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. Namun, penggunaan LKPD dalam bentuk cetak masih kurang efektif, sehingga diperlukan e-LKPD. Saat ini belum banyak LKPD digital berbasis etnobiologi di sekolah yang berada di Kabupaten OKU yang dihasilkan, padahal pembelajaran berbasis kearifan lokal saat ini sangat dianjurkan oleh pemerintah dengan tujuan agar peserta didik berada dalam situasi konkret di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD etnobiologi berbasis PBL menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan bantuan Heyzine Flipbook. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Ogan Komering Ulu. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa banyak siswa belum memahami materi keanekaragaman hayati akibat keterbatasan bahan ajar dan metode pembelajaran konvensional. Keseluruhan nilai validitas rata-rata adalah 83,77% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil kepraktisan e-LKPD guru sebesar 87%. Hasil Keefektifan melalui analisis N-gain diperoleh bahwa kelas kontrol sejumlah 0,66 dengan kriteria sedang, sedangkan hasil analisis nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kriteria tinggi. Hasil angket kolaborasi menunjukkan siswa yang berketerampilan kolaborasi dengan persentase 23% siswa yang sangat kolaboratif, 63% siswa kolaboratif, dan 14% peserta didik yang cukup kolaboratif. Dapat disimpulkan pengembangan e-LKPD etnobiologi berbasis PBL pada materi Keanekaragaman Hayati peserta didik Fase E telah sesuai untuk digunakan serta dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Biologi di SMA dan mengaitkan pembelajaran dengan kearifan lokal, sehingga pembelajaran lebih efektif dan bermakna. Penggunaan e-LKPD ini diharapkan dapat meningkatkan berpikir kritis serta mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran.
Downloads
References
Arief, M. F. M., & Wiyono, A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Mekanika Teknik Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya. Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 149. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/24/article/view/11248/10701
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. PEDAGOGIA, 18(1), 57-72.
Farida, A. M., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Muarrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 34-44.
Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, A., Gunawan, G., Makhrus, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Maha Peserta didik ada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 158-167
Jasmine Riani Johan, Tuti Iriani, Arris Maulana. (2023).”Penerapan Model Four-D Dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan.” Jurnal Pendidikan West Science. Vol.01,No.06
Kemenristekdikti. (2022). Sukadiyanto.
Law, Q. P. S., So, H. C. F., & Chung, J. W. Y. (2017). Effect of Collaborative Learning on Enhancement of Students’ Self-Efficacy, Social Skills and Knowledge towards Mobile Apps Development. American Journal of Educational Research, 5(1), 25–29.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika danTejnologi. 5(2), 220-225
Pradita, A. P., Budiharti, R., & Budiawanti, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Materi Gejala Pemanasan Global. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 20. https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i1.41583
Sari, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). In Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota.
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1716
Williams, B. (2004). The implementation of case based learning-shaping pedagogy in ambulance. Journal of Emergency Primary Health Care, 2(3), 1447–4999. https://doi.org/10.33151/ajp.2.3.286
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desy Yuliana Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).