Pengaruh Permainan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA Negeri 1 Mananggu

(The Effect of Ice-Breaking Games on Students' Learning Outcomes in Class X on The Topic Of Classification of Living Organisms at SMA Negeri 1 Mananggu)

Authors

  • Abdul Mazid Saliko Universitas Negeri Gorontalo
  • Jusna Ahmad Universitas Negeri Gorontalo
  • Ilyas H. Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Hartono D Mamu Universitas Negeri Gorontalo
  • Chairunnisa J. Lamangantjo Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.40859

Abstract

Monotonous learning often causes boredom in students, so innovative strategies are needed to improve learning outcomes. One strategy that can be applied is ice breaking, which aims to lighten the classroom atmosphere and make it more fun and interactive. This study aims to analyse the effect of ice-breaking games on the learning outcomes of class X students on the material of classification of living things at SMA N 1 Mananggu. This research method uses quantitative research methods and a pre-experimental approach with a one-group pre-test-post-test design, using 30 samples in the research. The study's results showed that the average value of the pre-test of students was 41.33%, while the post-test was 81.00%. The results of the t-test showed a significant value of 0.000 <0.05, which means there is a substantial difference between the pre-test and post-test results. This increase indicates that ice-breaking improves conceptual understanding and students' active involvement in the learning process.

Abstrak. Pembelajaran yang menoton sering kali menyebabkan kejenuhan pada peserta didik, sehingga diperlukan strategi yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana kelas agar lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permaian ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi klasifikasi mahkluk hidup di SMA N 1 Mananggu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pre-test-Post-test dengan menggunakan 30 sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test peserta didik adalah 41,33% sedangkan post-test 81,00%. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Peningkatan ini menunjukan bahwa ice breaking memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, T. L. S., Muntamah, L., Mustika, A. A., Suripti, S., & Yulistania, T. (2020). Unit Pembelajaran 1 : Klasifikasi Makhluk Hidup (A. Suryanda (Ed.)). Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Madrasah Hak.

Andryannisa, M. A., Wahyudi, A. P., & Sayekti, S. P. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Sd Islam Riyadhul Jannah Depok. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11716–11730.

Anggi Prasetia. (2023). Journal Of Educational Learning And Innovation. Educational Learning And Innovation, 1(2), 98–116. Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V2i1

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Peserta didik Sejak Usia Dini Di Sd Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161–169. Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V2i1.570

Artanti, S. S. (2020). Sistem Klasifikasi Mahkluk Hidup Kelas X. In Modul Pembelajaran SMA BIOLOGI (pp. 1–33). Direktorat Jenderal Paud, Dikdas dan Dikemen.

Ayu, I., Deswanti, P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. In Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1).

Ramlawati, M. S., Drs. H. Hamka L., M. S., Sitti Saenab, S.Pd., M. P., & Sitti Rahma Yunus, S.Pd., M. P. K. (2017). Mata Pelajaran Ipa Bab Ii Klasifikasi Makhluk Hidup.

Elfinida, A. K. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Dan Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas Iv Dalam Mata Pelajaran Ppkn Sdn Tambakreja 1 Cilacap.

Febianti, F., & Sri Riyani, L. (2023). Penerapan Ice breaking Guna Meningkatkan Semangat Belajar Mahapeserta didik (Studi Kasus Pada Mahapeserta didik Semester Iv Prodi Administrasi Publik Fisip Universitas Sebelas April). Literat: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Ii(1), 71–76. Https://Ejournal.Unsap.Ac.Id/Index.Php/Literat

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Edu Proxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa), 2(1).

Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning(Pbl)Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Keraton : Journal of History Education and Culture, 1(2), 1689–1699.

Hutapea, R. H. (2021). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165.

I Made Sudarma Adiputra, Ni Wayan, Efendi Sianturi, S. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Izzatunnida, F. (2022). Pengaruh Ice breaking Terhadap Fokus Belajar Peserta didik Kelas XI-MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Fatma Izzatunnida. 1259–1265.

Khairunnisa, R., Kusumarini, E., & Riyandana, A. (2023). Pentingnya penggunaan Ice breaking Terhadap Fokus Belajar Peserta didik Kelas VD Di SDN 012 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1), 50–54.

Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318

Nidaur Rohmah, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). Journal.Stitaf.Ac.Id, 09(02), 193–210.

Nurkholifah, A. S., Tusyana, E., & Novianti, R. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Ice breaking Tipe Tic Tac Toe Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Mis Riyadlotut Tholibin. Tarbiyah Journal Of Teaching and Educational Science, 20, 5.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (Ed.); 4th Ed.). Salemba Medika.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajarpeserta didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Basicedu, 3(3), 909–915.

Rashid, F. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi 1). IAIN Kediri Press.

Ratnasari, K. (2018). Pengaruh Penggunaan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Khurin’In. Jurnal Auladuna, 11(1), 1–

Rika, W. (2023). No Analysis of the co-dispersion structure of health-related indicators, the center of the subject's sense of health, and the elderly people living at home. Title. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Rubini, R. (2021). Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta. Humanika, 21(1), 83–98. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.32303.

Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (Ed.); Edisi 1). Penerbit Kbm Indonesia Anggota Ikapi.

Santana, H. H., & Husna, Z. (2023). Implementasi Teknik Pembelajaran Ice breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas X Mipa (SMA Plus Munirul Arifin NW Praya). Jurnal Media Akademik (JMA) , 1(1).

Selvia, P., Handayani, F., & Ratnawati. (2021). Pengaruh Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas Di Sekolah Dasar. Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 10(2), 122–132.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (A. H. Nadana (ed.); 1st ed.). Ahlimedia Press.

Tamaulina Br. Sembiring, SH., M.Hum., P. ., Irmawati, S.Sn., M. P., Muhammad Sabir, S.Pd., M. P., & Indra Tjahyadi, S.S., M. H. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian ( Teori Dan Praktik ) (M. S. Dr. Bambang Ismaya, S.Ag., M.Pd. (ed.); Edisi 1). CV Saba Jaya Publisher.

Wana, P. R., Ruchiyat, M. G., & Nurhidayah, S. (2024). Pengaruh Ice breaking terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 110–124.

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Saliko, A. M., Ahmad, J., H. Husain , I., Mamu , H. D., & Lamangantjo, C. J. (2025). Pengaruh Permainan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA Negeri 1 Mananggu: (The Effect of Ice-Breaking Games on Students’ Learning Outcomes in Class X on The Topic Of Classification of Living Organisms at SMA Negeri 1 Mananggu). BIODIK, 11(1), 243–252. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.40859