Potret Awal Kecerdasan Spiritual dan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Bojongasih

(Early Portrait of Spiritual Intelligence and Environmental Literacy (Case Study at SMPN 1 Bojongasih))

Authors

  • Noneng Rismawati Universitas Siliwangi
  • Purwati K Suprapto Universitas Siliwangi
  • Agus Sumantri Universitas Siliwangi
  • Diana Hernawati Universitas Siliwangi
  • Liah Badriah Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.39886

Abstract

This research aims to determine the spiritual intelligence and environmental literacy of SMP Negeri 1 Bojongasih class IX students. Respondents in this study consisted of 76 class IX students. The research method used is descriptive quantitative. The instrument used to measure spiritual intelligence is a Likert scale from 1-4 questionnaire, and to measure environmental literacy using a multiple choice test. The spiritual intelligence indicator refers to research by Fatima (2022), which consists of 9 indicators, while the ecological literacy indicator relates to research by Liang et al. (2018), which consists of three main elements, namely: cognitive (knowledge and skills), affective, and behavioural (behaviour). The multiple choice test only measures the mental aspects of students' environmental literacy. The collected data will be analysed manually using descriptive statistics to determine students' test results by dividing the score obtained by the respondent by the maximum score multiplied by 100. The research results show that the students' spiritual intelligence is reasonable, with scores ranging from 68,20-82,68, which indicates a pretty good foundation for spiritual intelligence, although they still need further guidance. Meanwhile, the environmental literacy test results on the cognitive obtained the highest average value of 44.44  with sufficient criteria. These findings indicate differences in understanding of environmental literacy among students, which need to be improved through more effective learning strategies.

Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan spiritual dan literasi lingkungan peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Bojongasih.  Selain itu penelitian ini sejalan dengan tujuan Pendidikan Nasional  yakni  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),  membantu peserta didik untuk memahami nilai-nilai spiritual (jujur, peduli, tanggung jawab) dalam konteks kehidupan nyata, khususnya isu-isu lingkungan, serta tujuan Pendidikan Global untuk menciptakan generasi yang sadar dan berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi  dalam pendidikan sebagai dasar bagi pengembangan kurikulum yang relevan dengan pendidikan berbasis lingkungan dan spiritualitas. Responden pada penelitian ini terdiri dari 76 peserta didik kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan spiritual berupa kuisioner skala likert dari 1-4 dan untuk mengukur literasi lingkungan menggunakan tes pilihan ganda. Indikator kecerdasan spiritual merujuk pada penelitian Fathimah (2022) yang terdiri dari 9 indikator, sedangkan indikator literasi lingkungan merujuk pada penelitian Liang, dkk, (2018) yang terdiri dari tiga elemen utama yaitu: kognitif (pengetahuan dan keterampilan), afektif, dan perilaku (behavior). Tes pilihan ganda hanya untuk mengukur aspek kognitif literasi lingkungan peserta didik. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif secara manual untuk mengetahui nilai hasil tes peserta didik dengan cara membagi skor yang diperoleh responden dengan skor maksimal dikali 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual peserta didik berada pada tingkat baik, dengan nilai  berkisar antara 68,20 hingga 82,68. Sementara itu, hasil tes literasi lingkungan pada aspek kognitif  diperoleh  nilai rata-rata terbanyak sebesar 44,44 dengan kriteria cukup. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan  pemahaman literasi lingkungan di antara peserta didik yang perlu ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang lebih efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., & Nazip, K. (2022). Kemampuan Literasi Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Skor Nela. Journal of Education Action Research, 6(4), 552–557. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.46975

Aryani Wiwik Dyah, Yuniar Dianti, Shivia Fauziyah Annisa, Karlina Titin. (2022). Pengembangan

Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi Vol. 2, No. 4. DOI: 10.59818/jpi.v2i4.225

Dedek Pranto Pakpahan, S. T. (2021). Kecerdasan Spiritual (Sq) Dan Kecerdasan Intelektual (Iq) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia Yang Seutuhnya. Ahlimedia Book.

Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan model pembelajaran SSCS (search, solve, create and share) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168

Fathimah, S. (2022). Pembelajaran Sosiologi Pendidikan dengan Menggunakan Metode Treatment

Training Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Jurnal Ilmiah Mandala Pendidikan 8 (1) DOI:10.36312/jime.v8i12933/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Fikriyyah Zakiyatul, Farid Muhamma & Rouf Abdul. (2024). Kecerdasan Spiritual dan Dukungan Sosial

Teman Sebaya Sebagai Prediktitor Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa. Jurnal

Pendidikan Indonesia Vol 5 No 2. Doi : 10.59141/japendi.v5i2.2707

Fitri Rini Aulia & Hadiyanto. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia

Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3485

Miterianifa & Mawarni Muhammad Fiqri. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains vol.7 No.1. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p68-73

Nurwidodo, Romdaniyah Sri Wulan, Sudarmanto, Rosanti Dina, Kurniawati, Abidin Zenal. (2021). Analisis

Profil Berfikir Kritis Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas

SMP Muhamaddiyah Sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist: Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang Vol. 9, No. 2. DOI : https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642.

Rachmawati Dinda, Mukti Leksono Suroso, Nulhakim Lukman. (2022). Analisis Literasi Lingkungan

dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kurikulum 2013. Journal of Science Education, 6 (1), 88-97. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.88-97

Rohimah Dede Sinta, Komarianti Cici Siti , Firdaus Vitaloka, Nurmasyanti Linda Dewi. (2024). Pengaruh

Kecerdasan Spiritual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan

Agama Islam di SMP Negeri 1 Cisalak Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Tambusi Vol 8 No 1. https://jptam.org/index.php/jptam

Rokhmah, Z & Fauziah, A.N.M. (2021). Analisis literasi lingkungan siswa SMP pada sekolah berkurikulum

wawasan lingkungan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 176-181. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Roth, Charles E. (1992). Environmental Literacy: Its Roots, Evolution and Directions in the 1990s.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Purwanto Ngalim. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. P- 112. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Santoso Ririn, Roshayanti Fenny, Siswanto Joko. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Vol 10, No 02. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps.

Sugiyono. (2017). Quantitative, qualitative, and R&D research methods Bandung, Alfabeta, CV Human Resource Management, Edy Sutrisno, Kencana, Jakarta, 2010. Prenada Media Groups.

Susanti Wati & Nupus Dewi Hayatu. (2022). Analisis Profil Literasi Lingkungan Siswa SMP pada

Pembelajaran. Report of Biological Educations Vol. 3, No.1.

DOI: https://doi.org/10.37150/rebion.v5i1

United Nations Environment Programme (UNEP). (2021). Plastic Waste a Ticking Time Bomb. The East

African.https://www.theeastafrican.co.ke/tea/science-health/unep-worry-over-plastic-waste3423316

Vace Fuad Aven, Istiadi Yossa, Retnowati Rita. (2023). Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Ditinjau Dari Etika Lingkungan, Literasi Ekologi dan Kecerdasan Spiritual. Seroja : Jurnal Pendidikan Vol.2 No.4. DOI: https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.804

Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi budaya religius dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98-109. DOI: https://doi.org/10.46963/ asatiza.v2i2.293

Zohar, D, & Marshall, I. (2001). SQ: Take advantage of spiritual intelligence in thinking | integrative and holistic as the meaning of life. Mizan. Bandung

Zohar, D, & Marshall, I. (2020). SQ - Spiritual Intelligence, the ultimate intelligence. Bloomsbury, London.

Zulhalifah, Syukur A, Santoso D, Karnan. (2021). Species diversity and composition, and above-ground carbon of mangrove vegetation in Jor Bay, East Lombok, Indonesia. Biodiversitas 22: 20662071. DOI: 10.13057/biodiv/d220455

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Rismawati, N., Suprapto, P. K. ., Sumantri, A., Hernawati, D. ., & Badriah, L. (2025). Potret Awal Kecerdasan Spiritual dan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Bojongasih: (Early Portrait of Spiritual Intelligence and Environmental Literacy (Case Study at SMPN 1 Bojongasih)). BIODIK, 11(1), 34–45. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.39886