Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Biologi Konservasi

(Analysis of Students’ Scientific Literacy Capabilities Through Project-Based Learning in Conservation Biology Course)

Authors

  • Ade Adriadi Universitas Jambi
  • Andini Vermita Bestari Universitas Jambi
  • Dawam Suprayogi Universitas Jambi
  • Nanda Rayani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.38123

Abstract

This study was conducted to determine the profile of students' scientific literacy skills in the conservation biology course of the Biology Study Program, FST UNJA. This study is a descriptive study conducted to determine students' initial scientific literacy skills. In this learning process, the researcher used the Project Based Learning model by utilising project assignments as literature studies carried out by students in groups. The sampling technique uses purposive sampling. The sample used was 30 students taking Conservation Biology courses from a total population of 60 students. The results of the analysis of the assignments that students had carried out obtained data on students' scientific literacy skills for one indicator in the very low category (8,3%), three indicators in the sufficient category (54,15%), four indicators in the good category (78%-81,5%), and one indicator in the outstanding category (86,6%). In conclusion, students' scientific literacy skills are good and excellent in several indicators. However, other indicators need to be improved. The existence of project-based learning by assigning students in groups to create literature study projects is capable of facilitating students to hone their scientific literacy skills with proper guidance from lecturers. If this is done, students will be able to choose and use reference sources that are guaranteed to be valid for writing scientific papers or as learning resources.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains mahasiswa pada mata kuliah biologi konservasi Prodi Biologi FST UNJA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal literasi sains mahasiswa. Pada proses pembelajaran ini peneliti menggunakan model Project Based Learning dengan memanfaatkan tugas proyek berupa studi literatur yang dikerjakan oleh mahasiswa secara berkelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 30 mahasiswa yang  mengambil mata kuliah Biologi Konservasi dari total populasi 60 mahasiswa. Adapun hasil analisis dari tugas yang telah dilakukan oleh mahasiswa didapatkan data kemampuan literasi sains mahasiswa untuk 1 indikator berada pada kategori sangat rendah (8,3%), 3 indikator berada pada kategori sedang (54,15%), 4 indikator berada pada kategori tinggi (78%-81,5%), dan 1 indikator berada pada kategori sangat tinggi (86,6%). Kesimpulannya kemampuan literasi sains mahasiswa sudah tinggi dan sangat tinggi pada beberapa indikator. Namun perlu ditingkatkan pada indikator lainnya. Adanya pembelajaran berbasis proyek dengan menugaskan mahasiswa secara berkelompok dalam membuat proyek literatur studi cukup mampu memfasilitasi mahasiswa untuk mengasah kemampuan literasi sains dengan bimbingan yang tepat oleh dosen. Jika hal ini dibiasakan mahasiswa akan mampu memilih dan menggunakan sumber rujukan yang terjamin validitasnya untuk keperluan penulisan karya ilmiah maupun untuk dijadikan sumber belajar.

Downloads

References

Adriadi, A., Ihsan, M., Wulandari, T., Suprayogi, D., Rayani, N. (2024). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada mata kuliah biologi lingkungan prodi biologi fakultas sains dan teknologi. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. 11 (1), 93-102. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v11i1.19310

Apriana, E., Munandar, A., Rustaman, N., Surtikanti, HK. (2020). Pengembangan program perkuliahan biologi konservasi dengan pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal aceh. Jurnal Visipena. 11(1), 99–115. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1086

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Aripin, I., Hidayat, T., Rustaman, N., Riandi. (2021). Pengembangan program perkuliahan biologi konservasi berbasis citizen science project. Jurnal Pedagogi Hayati. 5 (1), 1-9. https://www.researchgate.net/publication/357017844_Pengembangan_Program_Perkuliahan_Biologi_Konservasi_Berbasis_Citizen_Science_Project

Azwar, M., dkk. (2024). Pelatihan microsoft excel untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan data dan pembuatan grafik. JMH: Mengabdi dari hati. 3 (1), 83-92.

Darajati, W., Pratiwi, S., Herwinda, E., Radiansyah, AD., Nalang, VS., Nooryanto B, et al. 2016. Indonesian biodiversity strategy and action plan (IBSAP) 2015-2020. Jakarta: BAPPENAS. https://ksdae.menlhk.go.id/assets/publikasi/Buku_IBSAP%202015-2020.pdf

Dinata, M., & Sembiring, AK. (2020). Penerapan model pembelajaran standing banner learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah biologi konservasi. BioLectura: Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2), 183– 186. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5310

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc Graw-Hill Press.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Fakto Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Germecca, G., Wardhani, NA., & Dewi, MM. (2024). Implementasi sistem informasi antrian berbasis website dengan metodologi scrum. Journal of information system management (joism), 5(2). https://doi.org/10.24076/joism.2024v5i2.1442

Goodman, B., Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational psychology. 1-8. https://www.fsmilitary.org/pdf/Project_Based_Learning.pdf

Gormally, C., Peggy, B., Mary, L. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (tols) :measuring undergraduates‘ evaluation of scientific information and arguments. CBE-Life Sciences Education. 11, 364-377.https://media.neliti.com/media/publications/210026-penerapan-model-pembelajaran-project-bas.pdf

Karmana, I.W. (2024). Penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di sekolah. Panthera: Jurnal Ilmu Pendidikan Sains dan Terapan. 4 (2), 79-92. https://doi.org/10.36312/panthera.v4i2.273

Kurniasih, M.D. (2019). Menumbuhkan karakter konservasi biodiversitas melalui penerapan species identification and response software. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 6(2), 30-41. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.991

Leksono, S.M., Rustaman, N., Redjeki, S. (2015). Pengaruh penerapan program perkuliahan biologi konservasi berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan literasi biodiversitas mahasiswa calon guru. Cakrawala Pendidikan. 1, 89–96. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/cp.v1i1.4179

Leksono, S.M. (2013). Pengaruh pembelajaran mini riset berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan penguasaan materi biologi konservasi. Proceeding Biology Education Conference. 13(1), 575-578. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5836

Marzali, A. (2016). Menulis kajian literatur. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia. 1(2), 27-36.

Matuk, C., Zhang, J., Uk, I., & Linn, MC. (2019). Qualitative graphing in an authentic inquiry context: How construction and critique help middle school students to reason about cancer. Journal of Research in Science Teaching. 56(7), 905-936.

Nahdi, M.S. 2019. Biologi konservasi : integrasi pandangan islam dan peran masyarakat dalam konservasi ekosistem menuju pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/sdgs). Institutional Repository Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37020/

OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing

Ridwan, M., Ramdhan, F., (2020). Profil keterampilan literasi sains peserta didik kelas viii smp pada konsep pencemaran lingkungan. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi. 8 (1), 34-38. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5993

Rompas, B. & Hayati, T. (2022). Implikasi Kebijakan Sektor Hilir Pertambangan: Ancaman dan Perlindungan Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Ius Constituendum, 7 (1), 177-191.

Suryana, I.G.P.E. & Antara, I.G.M.Y. (2021). Pengembangan Teknologi Informasi Geografi Sebagai Media Eksplorasi Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) di Indonesia. JSIKTI: Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia. 3(4), 46-55.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora; 2011.

Wahyuni, H. & Suranto. (2021). Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar Terhadap Pemanasan Global di Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 6(1), 148-162.

Wulandari, N. & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains. Vol. 8 No.1. Hal. 66-73. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Yulianto, A., Fatchan, A., Astina, I.K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (3): 448-453.

Downloads

Published

2025-03-19

How to Cite

Adriadi, A., Bestari , A. V., Suprayogi , D., & Rayani , N. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Biologi Konservasi: (Analysis of Students’ Scientific Literacy Capabilities Through Project-Based Learning in Conservation Biology Course). BIODIK, 11(1), 158–169. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.38123