Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Strategi Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone

(The Influence of The Joyfull Learning Model Using The Everyone is a Teacher Here Strategy on Student Learning Outcomes In Biology Subjects At SMAN 26 Bone)

Authors

  • Angga Andriana Universitas Muhammadiyah Bone
  • Erwing Erwing Universitas Muhammadiyah Bone
  • Romi Adiansyah Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28524

Abstract

This research aims to see the influence of the Joyfull Learning Learning Model with the Everyone Is a Teacher Here Strategy on Student Learning Outcomes in Biology Subjects at SMAN 26 Bone. The type of research used in this research is pre-experimental research with a one group pre-test post-test design. This design uses two measurements of students regarding the material to be sampled. The results of this research indicate that the use of the Joyfull Learning Model with the Everyone Is a Teacher Here Strategy on Student Learning Outcomes in Biology Subjects at SMAN 26 Bone is effective. This can be seen in the level of students' abilities before using this learning model, namely the average was only 59.10. Furthermore, after using the Joyfull Learning Model with the Everyone Is a Teacher Here Strategy, the average score obtained was 85.35. This means that there has been an increase after implementing the Joyfull Learning Learning Model with the Everyone Is a Teacher Here Strategy. Based on the results of inferential statistical analysis using the t test formula, it can be seen that the t value is 13.686. With a frequency (dk) of 28-1=27, at a significance level of 5% obtained ttable 2.051. Thus, because the value of tcount > ttable at a significance level of 0.05, the use of the Joyfull Learning Learning Model with the Everyone Is a Teacher Here Strategy on Student Learning Outcomes in Biology Subjects at SMAN 26 Bone has an influence.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Desain ini menggunakan dua kali pengukuran terhadap siswa tentang materi yang akan dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone efektif. Hal ini dapat dilihat pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran tersebut, yaitu rata-rata hanya mencapai 59,10. Selanjutnya setelah menggunakan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 85,35. Hal ini berarti terjadi peningkatan setelah diterapkannya Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 13,686. Dengan frekuensi (dk) 28-1=27, pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel 2,051. Dengan demikian, karena nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05, maka penggunaan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone memberikan pengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, Muh. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. Al Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 75-98.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Andriani, E. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTSN 7 Tulungagung. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1).

Bobbi De Porter. (2000). Quantum Teaching/Learning.

Hatmawati. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas Iii Sd Impres 130 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Hermanto, Bambang. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52-59.

Ismara, M. (2019). Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Society, 2(1), 1–19.

Junita, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. 6.

Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2018). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132–157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Idrus, S. W. Al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Model Mataram. Chemistry Education Practice, 1(1), 27–33.

Putri, S. R. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas III SD INPRES Mangga Tiga Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1).

Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87

Suyanto, dan A. J. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

UUD RI No. 20. (2003). Presiden republik indonesia. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (Issue 1).

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Andriana , A., Erwing, E., & Adiansyah , R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Strategi Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone: (The Influence of The Joyfull Learning Model Using The Everyone is a Teacher Here Strategy on Student Learning Outcomes In Biology Subjects At SMAN 26 Bone). BIODIK, 9(3), 169-175. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28524